hijrah
Foto: newmuslim.net

Ustaz Abdul Somad: Sahkah Shalatnya Orang yang Bertato?

Maraknya berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda memutuskan untuk hijrah hingga masuk Islam menjadi salah satu fenomena unik dan menarik belakangan ini. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang dahulunya berandalan, penjahat, hingga pembenci Islam sekalipun akhirnya tunduk dan ikhlas menyatakan diri untuk hijrah serta memeluk Islam secara kaffah. 

Bahkan, yang paling “ekstrem” ada di antaranya salah seorang mantan anggota gengster Yakuza bertobat dan berhijrah memeluk Islam dengan kondisi badan yang dipenuhi tato hingga hampir sekujur tubuh.

Terbaru, sempat viral di media sosial sosok wanita berhijab dengan tato besar di dahinya yang kabarnya dia baru saja hijrah dari masa lalunya sebagai anak jalanan.

Sementara itu, dari Abu Juhaifah radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan,

لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الوَاشِمَةَ وَالمُسْتَوْشِمَةَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat orang yang menato dan yang minta diberi tato.” (HR. Bukhari No. 5347)

Abdullah bin Mas’ud juga berkata, “Allah melaknat perempuan yang menato dan yang meminta ditato, yang menghilangkan bulu di wajahnya dan yang meminta dihilangkan bulu di wajahnya, yang merenggangkan giginya supaya terlihat cantik, juga perempuan yang mengubah ciptaan Allah.”

Sontak, fenomena itu pun menuai pertanyaan yang terlibang kritis di tengah masyarakat, yakni apakah seseorang yang bertato mesti menghapus seluruh tato di tubuhnya ketika berhijrah? Apakah sah pula shalatnya orang yang bertato sementara tato tersebut berada pada anggota tubuh yang wajib terkena basuhan air ketika bersuci?

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustaz Abdul Somad menerangkan bahwa orang yang hijrah dengan tato di sekujur tubuhnya tetap sah shalatnya dan tak perlu menghapus seluruh tato yang ada di tubuhnya tersebut.

“Pakai tato shalat gak apa-apa. Yang masalah itu gak bertato, gak shalat,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Simak uraian lengkapnya dalam tanyangan video berikut ini:

https://www.instagram.com/p/Bh1Ih7ojTSF/?r=wa1

Sumber: tauhidremajaislam/Instagram


Artikel Terkait :

About matiar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *