Viral Pemotor Masuk Jalan Tol, Ada yang Ditilang Ada yang Tidak, Kenapa
Viral Pemotor Masuk Jalan Tol, Ada yang Ditilang Ada yang Tidak, Kenapa

Viral! Pemotor Masuk Jalan Tol, Ada yang Ditilang Ada yang Tidak, Kenapa?

INSPIRADATA. Jalan tol, semua orang pasti tahu bahwa jalan ini hanya di peruntukan untuk kendaraab beroda 4 dan bukan untuk kendaraan beroda 2.

Namun, Insiden pemotor masuk Tol Purbaleunyi terjadi dalam sebulan terakhir. Kejadian pertama pada Rabu, 26 April 2017. Video dan foto motor bernopol R 4135 AR tersebar melalui aplikasi pesan Line setelah pemilik akun bernama Dio mengunggahnya pada hari itu.

Sontak unggahan tersebut langsung mendapat 1.425 like, 1.838 share, dan 457 komentar. Netizen mengomentari beragam atas foto dan video tersebut.

“Nekat bener yang bawa motor wkwkwk,” tulis pemilik akun line Bintang Sentosa.

“Greget saking macetnya di Bandung Wkkakaka,” tulis pemilik akun Ugi.

Pihak tol dan polisi berkolaborasi memburu pemotor tersebut. Bahkan mereka sempat berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah sebab motor bernopol R yang berarti daerah Banyumas dan sekitarnya.

Karena beredarnya video dan menjadi viral, pengendara motor yang bernama Hozin (23), menyambangi Mapolda Jabar, Jl Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin 15 Mei 2017.

“Posisinya macet. Mau belok sudah didesak, diklaksonin sama mobil belakang supaya jangan putar balik. Saya panik, akhirnya masuk ke tol cari putar balik. Saya mau tanggung jawab dan ditilang. Saya meminta maaf dan tidak akan mengulangi lagi,” ucap Hozin.

Hozin disidang Jumat, 26 Mei, dan dinilai melanggar Pasal 287 ayat 1 Jo 106 ayat 4 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

motor masuk tol pasteur
motor masuk tol pasteur

Ternyata selain kasus Hozin, Insiden kedua terjadi pada Senin (29/5/2017). Lagi-lagi via pintu Tol Pasteur. Dalam video berdurasi 32 detik yang beredar di media sosial, perempuan pemotor terlihat santai memacu motor jenis matic di bahu jalan tol. Dia berhasil diberhentikan pada jarak 2 kilometer dari pintu Tol Pasteur.

Kepala GT Pasteur Susilo menyebut, “Dia enggak tahu jalan, orang luar kota. Jadi dari Jalan Surya Sumantri kan masuk ke tol tuh, jadi enggak bisa lurus daerah Gunung Batu. Dia enggak tahu jalan, akhirnya nyasar.”

Berbeda dengan Hozin, perempuan pemotor tersebut tidak ditilang. “Itu murni ketidaktahuan saja. Oleh petugas tol kemarin ditegur dan diarahkan saja,” ucap Kanit PJR Tol Purbaleunyi AKP Andrianto. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *