polwan terkena razia
Foto: Tribun News

Viral! Terkena Razia Operasi Zebra, Polwan Ini Turun dari Mobil Lalu Lakukan Hal Ini

Operasi lalu lintas bersandi Zebra atau Operasi Zebra digela polisi lalu lintas se-Indonesia. Secara serentak, operasi tilang ini digelar sesuai agenda Korps Lalu Lintas Polri yakni selama dua pekan atau 14 hari.

Operasi ini digelar mulai Rabu (1/11/2017) dan rencananya berakhir Selasa (14/11/2017).

Polisi, dalam operasi ini, akan menyasar terhadap pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan, seperti muatan berlebihan (over load, over capacity, over dimensi), melawan arus, TNKB, dan pelanggaran kasat mata lainnya.

Dengan dilakukannya Operasi Zebra ini diharapkan terbangun kesadaran atau disiplin berlalu lintas. Kepolisian juga berharap bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Meski tujuannya baik, namun tetap saja banyak masyarakat yang justru menilainya sebagai momok yang menyeramkan! Razia polisi yang dilakukan di jalan tersebut malah kerap membuat kita sebal, takut, dan deg-degan.

Rasa deg-degan itu sendiri terjadi karena kita tidak punya kelengkapan kendaraan yang baik dan bisa terkena tilang. Namun bagi yang membawa kelengkapan surat dan memiliki kondisi kendaraan yang baik, razia polisi bukanlah suatu yang menakutkan dan menyebalkan.

Selama berjalan beberapa hari ini ada peristiwa unik maupun viral yang terjadi saat Operasi Zebra 2017.

Yang teranyar kita bisa melihat lewat unggahan akun Instagram medantalk (1/11/2017). Kejadian ini direkam video dan tersebar luas ke media sosial.

Dalam video itu terlihat seorang polwan terkena razia yang digelar anggota Satlantas Polrestabes Medan di sekitar Lapangan Merdeka, Medan pada Rabu 1 November 2017. Terlihat seorang anggota polantas menghentikan mobil SUV warna putih yang dikendarai polwan tersebut.

“Selain masyarakat sipil, kita juga melakukan penindakan terhadap aparat yang melanggar peraturan,” kata Kasat Lantas Polrestabes Medan Ajun Komisaris Besar Muhammad Saleh di sela razia.

Anggota kemudian meminta kelengkapan surat kendaraan si polwan yang diketahui bernama Dati. Dati lantas menunjukkan SIM dan STNK yang diminta.

Petugas yang memeriksa menyatakan surat-surat milik Polwan itu lengkap. Sehingga Polwan itu diminta langsung melanjutkan perjalanan. Sebelum pergi, polwan itu sempat turun dari mobil dan bersalaman anggota polantas yang merazianya dalam kegiatan Operasi Zebra Toba 2017 itu.

“Terima kasih pak,” ujar Dati sambil bergegas pergi.

Video unggahan Instagram medantalk itu langsung viral. Bahkan sudah mendapatkan 247 ribu views dan 9 ribu likes. Netizen pun tak ketinggalan memberikan komentar.

bratamapurba: Wkwkwkw keren kok pak polisinya gak pandang bulu nih kayaknya

Dalam razia perdana yang digelar Satlantas Polrestabes Medan, 127 kendaraan terjaring. Antara lain 105 kendaraan roda dua dan 22 kendaraan roda empat.

“Pelanggarannya mulai dari tidak memakai helm, seatbelt, kelebihan muatan, tidak layak jalan, melawan arus, kelengkapan surat dan pelanggaran lainnya,” kata Saleh, seperti dilansir tribunnews.com, Selasa (7/11/2017). []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *