Unik, Informatif , Inspiratif

Visi Ekonomi Kedua Paslon Mirip

0 24

Peneliti senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM-UI) Febrio Kacaribu menilai, visi ekonomi pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sangat mirip.

Kendati demikian, Febrio menyampaikan sebagai penantang, tim Prabowo-Sandi akan menghadapi tantangan yang lebih berat.

BACA JUGA: Ekonomi Indonesia Pas-pasan, Bank Dunia: Itu Bukan Data Kami

“Sebenarnya sangat mirip. Tidak ada terlalu besar perbedaannya. Tantangannya bagi petahana adalah masyarakat melihat langsung apa yang lebih apa yang kurang,” kata Febrio usai menghadiri acara Seminar Nasional Membedah Visi Ekonomi Capres 2019 di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Kesan klise

Bagi Prabowo-Sandi, menurutnya, jika menawarkan visi ekonomi yang kesannya terdengar klise maka akan sangat sulit. Sebab, mereka tidak punya rekam jejak yang bisa menjadi acuan.

“Jadi memang susah jadi penantang, tetapi ya memang harus dilakukan,” ungkapnya.

Dalam hal ini, lanjut Febrio, kritikan yang dilakukan tim penantang terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi saat ini sah-sah saja dilakukan.

“Jadi isu-isu yang jelas bisa dikritik ya harus dikritik. Tadi tentang deindustrialisasi, SDM, produktivitas dan sebagainya itu harus dikritik. Jadi, susahnya jadi penantang harus begitu. Mencari topik-topik yang tidak terkesan klise,” paparnya.

BACA JUGA: Kebijakan AS Jadi Risiko Utama Kemunduran Ekonomi Dunia

Untuk itu, lanjut Febrio, dibutuhkan penajaman isu ekonomi bagi tim penantang, jika mereka benar-benar ingin dianggap memahami masalah ekonomi yang terjadi saat ini secara komprehensif.

“Memang perlu ketajaman. Kalau timnya Prabowo-Sandi membahas lebih tajam, itu masyarakat akan mengerti dan menganggp mereka tahu apa yang sedang terjadi,” pungkas Febrio.

SUMBER: ANTARA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline