Unik, Informatif , Inspiratif

Wabah Polio Diberantas, Bos Microsoft Lunasi Hutang Nigeria atas Jepang

0

Pendiri Microsoft Bill Gates melunasi hutang Nigeria atas Jepang untuk penanggulangan wabah polio.

Nigeria memiliki utang 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar ke Jepang untuk pemberantasan polio.

Pinjaman itu tersedia melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan pemerintah Jepang pada 2014 lalu, khusus untuk menanggulangi wabah polio di seluruh dunia.

Berkat pinjaman tersebut, Nigeria dinyatakan bersih dari polio pada 2017 lalu. Kendati begitu, utang ke Jepang bisa dibilang sulit tertebus mengingat Nigeria masuk jajaran negara miskin dengan penduduk miskin terbanyak di dunia.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, pun turun tangan melihat kondisi ini. Pria yang aktif dalam kegiatan filantropi itu mengumumkan bakal melunasi utang Nigeria ke Jepang.

Bukan cuma karena Bill Gates dan sang istri Melinda Gates memang senang berderma, tetapi juga karena keduanya peduli dengan isu kesehatan.

Kekayaan mereka pun mendukung untuk misi mulia tersebut. Bill Gates tercatat bertahun-tahun didapuk sebagai orang terkaya di dunia.

Baru akhir 2017 lalu, Bill Gates menempati posisi kedua dengan jumlah kekayaan sekitar 91,8 miliar dolar AS (Rp 1.243 triliun).

Polio sendiri merupakan salah satu prioritas utama Bill and Melinda Gates Foundation, yakni organisasi filantropis privat terbesar di dunia milik pasangan suami istri tersebut.

Beberapa saat lalu Bill and Melinda Gates Foundation mengumumkan bakal menambah bantuan sebesar 50 juta dollar AS (Rp 625 miliar) selama tiga tahun berturut-turut untuk pemberantasan polio. Artinya, tiap tahun yayasan tersebut memberikan 450 juta dollar AS (Rp 5,6 triliun) untuk melawan penyakit mematikan.

Lebih kurang sudah tujuh tahun Bill and Melinda Gates Foundation memerangi polio di seluruh dunia. Hasilnya, India yang tadinya merupakan negara dengan wabah polio terbesar telah bersih dari penyakit tersebut.

Membantu negara-negara lain melawan kemiskinan dan penyakit membuat dunia lebih stabil dan orang-orang Amerika lebih aman di manapun, ia menambahkan.

Sumber : tribunjogja.com


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline