Unik, Informatif , Inspiratif

Waduh, Negara-negara Ini Ternyata Rawan Bencana (2-Habis)

0 24

Perubahan iklim global membawa dampak serius terhadap negara-negara kepulauan. Negara-negara beresiko bencana, harus dapat melakukan regulasi tanggap bencana. Penelitian tentang bencana dapat membantu pemerintah melakukan regulasi tanggap bencana ini.

Namun penelitian itu menunjukan beberapa negara Afrika tidak juga masuk 15 besar dalam urutan ini. Itu karena mereka mempunyai “kerentanan sosial” terhadap bencana.

Indonesia menempati urutan ke-36 dengan indeks risiko 10,36, di bawah India dan Islandia.

Penelitian itu juga melaporkan bahwa Qatar tercatat sebagai negara yang risikonya paling kecil.

BACA JUGA: LIPI: Bencana Alam Sulteng Harus Jadi Evaluasi Khusus bagi BMKG

Pada kasus negara dengan kerentanan sosial yang serius, tim peneliti menekankan perlunya persiapan menghadapi bencana alam ekstrem. Tim peneliti memberi contoh positif dari negara-negara Eropa ketika mengalami gelombang panas yang terjadi selama musim semi dan musim panas tahun ini.

Gelombang panas di benua Eropa itu menyebabkan kekeringan yang berdampak langsung pada pertanian.

“Yang membuat negara-negara yang mengalami kekeringan itu terhindar dari bencana adalah tingkat kerentanan mereka relatif rendah,” tulis Katrin Radtke, seorang profesor di Universitas Ruhr Bochum.

Indek risiko dihitung dengan mempertimbangkan tidak hanya kemungkinan terjadinya bencana alam tetapi juga bagaimana negara menyiapkan diri menghadapi bencana alam.

BACA JUGA: Andil WhatsApp saat Bencana

Peta risiko bencana dunia Para peneliti mempertimbangkan faktor-faktor seperti pembuatan building code hingga tingkat kemiskinan dan rencana yang disiapkan menghadapi krisis jika benar-benar terjadi.

Inilah alasan mengapa negara-negara yang kerap dilanda bencana alam, seperti Jepang dan Cile yang sering diguncang gempa, tidak masuk ke dalam daftar 20 negara yang paling berisiko. Belanda yang mengalami kenaikan permukaan laut selama berabad-abad, hanya menduduki di posisi ke-65.

Laporan penelitian tersebut menyatakan bahwa n gara-negara tersebut tidak dapat meminimalkan risiko yang mungkin saja terjadi akibat peristiwa alam, tetapi mereka tidak tergolong paling rentan.

BACA JUGA: Facebook Sumbang Bencana Sulteng 1 Juta Dollar Lewat PMI

Negara-negara lain, seperti Mesir, meskipun negara itu kecil kemungkinan mengalami bencana, secara sosial dianggap rentan mengalami bencana.
Negara itu hanya menduduki di posisi ke-166 dalam daftar, tetapi skornya lebih buruk dibandingkan Jepang dalam hal kerentanan dan kemampuan menanganinya. []

SUMBER: KOMPAS

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline