Unik, Informatif , Inspiratif

Waduh, Sampah Bambu Penuhi Sungai Cikeas

0 61

Kali ini, tumpukan sesampahan ditemukan di daerah Bendung Koja, Kelurahan Jatiasih, Bekasi. Senin (26/11), tumpukan sampah bambu dalam jumlah besar ditemukan di  Cikeas, Kota Bekasi.

Tumpukan sampah bambu ini diduga terbawa arus saat debit air sungai Cikeas meningkat.

BACA JUGA: Menteri Susi: Indonesia Ikut Andil Jadi Penyumbang Sampah Terbesar di Dunia

“Sampah bambu ini serupa seperti yang muncul minggu lalu. Bambu-bambu ini sudah dibersihkan dari rantingnya dan dipotong. Artinya ini sampah rekayasa, bukan yang hanyut dari bantaran sungai,” kata Puarman saat ditemui di Bendung Koja, Bekasi.

Beliau menjelaskan, saat pengangkutan awal, tinggi tumpukan hingga dua meter diatas permukaan sungai. Total sesampahan bambu itu sepanjang 40 meter dan selebar 30 Meter.

Pengangkutan sampah ini dilakukan oleh 30 orang. Sesampahan diangkut oleh enam truk, dengan berat masing-masing truk sekitar tiga ton.

BACA JUGA: Tak Hanya Bumi, Luar Angkasa Juga Punya Sampah yang Harus Dibersihkan

“Sampah yang kita angkat selain bambu adalah kayu. Hanya dua macam. Sembari kita angkat ke bantaran sungai, kita persilakan masyarakat kalau ada yang mau memanfaatkan. Kalau tidak, dibuang dan dibakar oleh Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Jika pengangkutan sesampahan ini tidak segera dilaksanakan, diperkirakan setidaknya ada empat perumahan yang bisa terkena genangan jika air di sungai Cikeas meluap.[]

SUMBER: REPUBLIKA.CO.ID

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline