Unik, Informatif , Inspiratif

Wah, Inilah Fakta Unik Telinga Kita

0

Telinga  merupakan salah satu alat indera yang dimiliki oleh manusia. Dengan adanya telinga, maka kita bisa mendengar. Kita bisa melakukan komunikasi antara satu sama lain dengan bantuan telinga. Ya, telinga memang sangat berarti dalam hidup kita.

Tahukah Anda, bahwa ternyata telinga ini memiliki keunikan tersendiri lho! Benarkah? Ya, telinga memiliki hal unik yang tidak kita temukan dalam alat indera lainnya. Apa sajakah hal unik itu? Berikut ulasannya yang kami kutip dari infoyunik.com.

1. Telinga sangat mandiri, bagian ini bisa membersihkan dirinya jika ada benda-benda asing yang masuk ke bagian ini. Telinga memiliki pori-pori yang dapat menghasilkan cerumen (ear wax). Sedangkan rambut-rambut kecil yang berada di telinga berfungsi untuk mendorong benda asing yang masuk ke saluran telinga.

2. Ternyata telinga memiliki fungsi lain, selain sebagai alat pendengaran. Bagian ini berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Mengapa demikian? Telinga memiliki semicircular canals yang menghasilkan cairan dan disebut dengan endolymph. Cairan ini berfungsi untuk menentukan rotasi, akselerasi, atau gerakan kepala. Makanya Anda sering pusing kalau berputar sangat cepat dalam beberapa menit. Pasalnya saat itu fungsi cairan endolymph sedang terganggu.

3. Ketika Anda tidur telinga Anda tetap bisa mendengar. Sayangnya otak mematikan suara tersebut ketika Anda sedang tidur. Hal ini tentu merupakan keuntungan, bayangkan jika kita sudah lelah dan ingin tidur masih harus terganggu dengan suara-suara malam disekitar kita.

4. Suara yang bisa menyebabkan gangguan telinga atau noise-induced hearing loss (NIHL) adalah suara yang sangat keras hingga mencapai 85 desibel atau lebih tinggi. Padahal manusia normalnya hanya mampu mendengar suara 60 desibe. Angka inilah yang biasanya terjadi saat kita sedang berbincang-bincang.

5. Ternyata rambut–rambut di dalam telinga tidak bisa tumbuh kembali jika sudah rusak. Bagian rambut ini berfungsi untuk mendeteksi gelombang suara dan mengirimkan sinyalnya ke saraf dan sangat penting fungsinya untuk pendengaran.

6. Pernahkah Anda mengalami sensasi seperti mendenging ketika Anda sedang berada di ketinggian? Ya, itu merupakan efek dari tabung eustachio tidak dapat menjaga keseimbangan tekanan tubuh. Tabung eustachio sendiri merupakan saluran yang menghubungkan rongga telinga tengah dengan nasofaring.

7. Anda pasti pernah mengalami telinga Anda berbunyi “pop” saat Anda sedang menguap? Saat Anda menguap, tabung eustachio terbuka untuk menstabilkan tekanan di telinga bagian tengah dengan tekanan udara dari luar.

Subhanallah, sungguh unik bukan? Ya, itulah salah satu bukti kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal kecil yang melekat pada tubuh kita itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi diri kita. Jadi, pantaskah kita mencela tubuh kita sendiri? Tentu tidak bukan! Maka, mulailah dari sekarang untuk selalu bersyukur atas nikmat tubuh yang utuh. Termasuk telinga yang masih bisa berfungsi dengan normal. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.