Teh Celup (Foto: Intisari Online)

Wah, Kotak Teh Celup Kantor 17 Kali Lebih Kotor dari Toilet Duduk!

Hasil studi dari Initial Washroom Hygiene menyebutkan bahwa kotak teh celup di kantor membawa 17 kali lebih banyak bakteri dibandingkan yang ada pada toilet duduk.

Setelah melakukan penelusuran, jumlah bakteri pada beragam peralatan di kantor, peneliti menemukan 3.785 kuman terdapat pada teh celup sedangkan toilet duduk yang selama ini kita anggap paling kotor ditemukan 220 kuman.

Selain teh celup, peralatan di kantor yang juga ditemukan banyak bakteri adalah pegangan ketel yakni 2.483 kuman, tepi cangkir bekas sebanyak 1.746 kuman, dan pegangan pintu kulkas ada sebanyak 1.592 kuman.

“Banyak dari kita yang tidak berpikir untuk mencuci tangan setelah membuka pintu kulkas atau sebelum membuat minuman, tapi mungkin seharusnya begitu,” ujar peneliti studi tersebut, Dr Peter Barrat.

Survey terhadap 1.000 pekerja mengungkapkan bahwa 80 persen orang yang bekerja di kantor tidak akan berpikir untuk mencuci tangan sebelum membuat minuman untuk rekan kerja. Dr Peter Barrat mengimbau kantor untuk harus lebih sadar akan tingkat kebersihan di dapur mereka.

“Jika Anda berhenti memikirkan jumlah tangan yang menyentuh benda-benda seperti pegangan ketel, tutup kotak teh, cangkir, dan sebagainya, potensi kontaminasi silang benar-benar bertambah,” imbuhnya.

Dokter Peter mengatakan, sangat penting untuk mewaspadai kuman sepanjang tahun karena kuman norovirus yang menyebar dengan cepat pada musim dingin ini bisa menyebabkan pekerja jatuh sakit.

Mengambil tindakan pencegahan seperti sering mencuci tangan, mencuci pakaian yang berisiko terkontaminasi bisa menyelamatkan Anda dari jatuh sakit musim dingin ini.

“Menggunakan tisu anti bakteri di permukaan dapur dan membersihkan cangkir secara teratur dapat memberi manfaat besar dalam mempertahankan karyawan tetap sehat,” tandasnya. []

Independent


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *