Futsal Malam (foto: Kompasiana)

Wah, Main Futsal Malam-malam Berbahaya, Lho!

Mereka para pria yang biasanya masih bebas (belum berkeluarga) paling seru jika diajak untuk bermain futsal. Dari sekian banyak waktu, malam hari adalah yang kerap kita temui mereka bermain. Namun ternyata hal tersebut tak baik.

Ya, hal senada diungkapkan pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa bermain futsal di malam hari ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Angin malam

Meskipun dilakukan di tempat tertutup, tubuh akan berisiko terkena angin malam akibat dari bermain futsal di malam hari. Kita pun akan berisiko terkena demam, masuk angin, atau bahkan menurunnya daya tahan paru-paru yang berimbas pada munculnya asma.

Menurunnya daya tahan tubuh

Jika kita kerap melakukan futsal setelah bekerja, maka daya tahan tubuh akan cenderung menurun mengingat kita melakukannya saat tubuh sudah tidak benar-benar dalam kondisi prima.

Hal ini tentu akan membuat kita lebih mudah jatuh sakit. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berolahraga di malam hari saat tubuh masih dalam kondisi prima. Jika tubuh kurang fit, ada baiknya kita mengistirahatkan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

Kelelahan

Melakukan futsal dan olahraga lainnya setelah pulang kerja bisa membuat tubuh kurang beristirahat dan akhirnya kelelahan. Di keesokan harinya, kita pun akan merasa lesu dan akhirnya menjadi kurang produktif.

Adanya risiko serangan jantung mendadak

Memang, serangan jantung mendadak bukanlah disebabkan oleh bermain futsal di malam hari. Hanya saja, jika kita memiliki riwayat kesehatan yang berkaitan dengan jantung seperti kolesterol tinggi, maka resiko untuk terkena serangan jantung mendadak juga akan meningkat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita selalu memastikan untuk melakukan olahraga futsal saat kondisi tubuh sedang fit dan tidak kelelahan. Selain itu, ada baiknya kita melakukannya tidak di jam yang terlalu malam demi memberikan waktu tubuh untuk beristirahat. []

Doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *