Monyet Makau (Foto: thetimes co uk)

Wah, Monyet Sulawesi Ini Dinobatkan Jadi “Person of The Year 2017”

Seekor monyet Sulawesi yang mendadak terkenal karena memotret dirinya sendiri, serta memicu sengketa hak cipta di Amerika Serikat dinobatkan sebagai “Person of the Year”, Rabu (06/12/2017).

PETA, nama organisasi pejuang hak-hak binatang, mengatakan bahwa monyet makau bernama Naruto itu diberi penghargaan sebagai pengakuan bahwa “ia adalah seseorang, bukan sesuatu.”

Sebelumnya PETA selalu memberikan penghargaan “Person of the Year” kepada manusia, seperti Paus Fransiskus, Oprah Winfrey, dan Bill Clinton.

“Seperti manusia, binatang adalah people. Mereka punya kebutuhan yang unik, banyak dari mereka memiliki sistem sosial yang kompleks, dan mereka berkomunikasi dalam bahasa yang baru mulai bisa dipahami oleh kita para Homo sapiens,” kata Megan Wiltsie, koordinator media PETA.

“Binatang sama seperti kita, karena kita semua adalah binatang,” tegas dia kepada Observer.

Ketenaran Naruto bermula pada 2011, ketika ia memencet tombol shutter pada kamera milik fotografer Inggris, David Slater, dan memotret dirinya sendiri. Peristiwa itu terjadi di Sulawesi.

Foto itu kemudian viral dan PETA menggugat Slater dengan mengklaim bahwa hak cipta foto tersebut adalah milik Naruto.

Slater di sisi lain bersikukuh sebagai pemilik foto tersebut, karena dialah yang memasang tripod dan mengatur kamera, sebelum Naruto menyelinap, mengambil kamera itu, dan memotret wajahnya sendiri.

Dalam sidang tingkat pertama di California, AS, pengadilan memutuskan bahwa Slater adalah pemilik sah foto tersebut. Tetapi PETA kemudian mengajukan banding.

Sengketa itu sendiri berakhir damai September kemarin, sebelum pengadilan tinggi di AS mengeluarkan keputusan. Dalam kesepakatan dengan PETA, Slater berhak mengklaim kepemilikan foto tersebut, tetapi dia wajib menyerahkan 25 persen keuntungan dari foto itu, yang akan digunakan untuk melindungi habitat Naruto di Sulawesi. []

Suara


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *