Unik, Informatif , Inspiratif

Wah, Nenek 82 Tahun Ini Jadi Pengembang Aplikasi di Perusahaan Apple

0

Ada pepatah “Usia bukan halangan seseorang untuk berkarya”, nenek 82 tahun asal Jepang telah membuktikannya. Ialah Masako Wakamiya, di usianya yang tak muda lagi, ia telah berpredikat sebagai pengembang atau developer di perusahaan gadget dunia, Apple.

Seperti dilansir Times of India, Senin (07/08/2017) Wakamiya menciptakan aplikasi yang ditujukan bagi para manula seperti dirinya. Dengan demikian kecanggihan smartphone juga bisa dinikmati oleh mereka yang telah berusia tua.

Kemampuannya menciptakan aplikasi, bermula dari keresahan Wakamiya akan rendahnya aksesibilitas manula terhadap smartphone dan industri teknologi informasi. Ia kemudian mempelajari bagaimana sistem coding dan mempraktikkannya. Lebih menakjubkan lagi, ia baru mulai belajar saat umurnya menginjak 60 tahun. Menurutnya, belajar hal-hal baru membuat orang menjadi cekatan.

“Makin tua kamu akan makin banyak kehilangan. Kamu kehilangan suami, pekerjaan, rambut, dan penglihatan. Tapi jika rajin mempelajari hal-hal baru itu akan membuat hidup lebih termotivasi,” kata mantan pegawai bank ini.

Saat diwawancarai AFP, Wakamiya menuturkan ia tertarik komputer sejak tahun 1990-an. Saat pensiun sebagai pegawai bank, ia memanggil seorang guru ke rumah untuk mengajarinya coding. Namun pada akhirnya ia belajar secara otodidak karena sang guru menurutnya kurang memuaskan. Kemampuannya makin terasah dengan mengutak-atik piranti lunak buatan Microsoft dan Apple.

Wakamiya belajar coding mulai dari yang paling dasar dan mencipta aplikasi Hinadan–game pertama di Jepang yang didedikasikan bagi orang berusia 60 tahun ke atas.

Aplikasi Hinadan sudah diunduh sebanyak 42 ribu kali dan mayoritas berkomentar positif. Keterampilan Wakamiya kini sudah diakui, dengan diundangnya dia dalam acara Worldwide Developers Conference. []

Sumber: AFP | Times of India | Republika


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.