Unik, Informatif , Inspiratif

Wah, Penjara di India Ini Haruskan Tahanannya Berkeliaran, Kenapa?

0

Di penjara Sanganer, di kota Jaipur, India, para tahanan tidak diberi makanan. Hal tersebut mengharuskan mereka bekerja dan mendapatkan uang di luar gerbang penjara, tulis Masuma Ahuja.

Mereka bekerja sebagai buruh, pekerja pabrik, sopir atau bahkan sebagai guru yoga.

BACA JUGA: Obor Rakyat dan Penjara

Ramchand mengemudikan bus sekolah. Istrinya, Sugna, bekerja di sebuah pabrik pakaian. Pada suatu siang yang panas, saya minum secangkir teh dengan mereka di rumah satu kamar, berdinding kuning dengan atap seng, sebuah kulkas dan TV, kotak makanan tergantung di sudut ruangan di samping foto dewa dan setumpuk koran.

Penjara ini tidak memiliki jeruji atau tembok, tidak ada penjaga di gerbang, dan tahanan diizinkan – bahkan didorong – untuk ke luar ke kota dan bekerja setiap hari.

Penjara ini, yang telah dibuka sejak tahun 1950-an, adalah tempat tinggal 450 tahanan dan satu dari sekitar 30 lembaga sejenis di negara bagian Rajasthan.

Sejumlah tahanan menghadapi kesulitan mendapatkan pekerjaan, mereka mengatakan orang ragu-ragu mempekerjakan mereka begitu kartu identitas penjara diperlihatkan. Tetapi mereka masih hidup secara `normal` disini.

Seperti hidup normal

Mereka membeli sepeda motor, telepon pintar dan televisi; mereka tidak memakai seragam penjara dan hidup di rumah kecil bernomor.

Masing-masih tahanan diberikan rumah oleh pemerintah di sepanjang jalan sempit Sanganer. Sisanya, terserah mereka. Penjara tidak memberikan makanan, air atau pun penghasilan.

BACA JUGA: Kenapa Orang India Geleng-geleng Kepala saat Bicara?

Jadi setiap hari, sebagian besar dari mereka meninggalkan penjara untuk menghidupi diri: pria yang dihukum karena membunuh bekerja sebagai satuan pengamanan, pekerja pabrik dan buruh harian. menjadi guru yoga dan yang lainnya menjadi mandor sebuah sekolah.

Satu-satunya aturan, adalah para tahanan harus absen setiap malam. Semua orang harus hadir kalau tidak akan dikembalikan ke penjara tertutup. []

SUMBER: BBC


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline