Universitas al-Karaouine (Al-Qawariyyin) di Fes, Maroko, Pendiri Universitas Pertama di Dunia, Fatimah al-Fihri,
Foto:BC Canada

Wah, Ternyata Ini Pendiri Universitas Pertama di Dunia

Jangan pernah lupakan sejarah, bahwa Islam pernah menguasai 2/3 dunia dan mewariskan ilmu pengetahuan serta membangun peradaban. Di tahun 859M, Islam bukan hanya menyumbangkan ilmu pengetahuan tapi juga tempat menimba ilmu. Universitas.

Adakah yang tahu Universitas pertama didirikan oleh siapa?

Fakta ini hampir dilupakan oleh dunia. Tenyata seorang Muslimah dinyatakan sebagai pendiri pertama universitas di dunia. Kaum hawa patut bangga akan hal ini.

BACA JUGA: Dua Muslimah Pertama yang Berhasil Duduk di Kongres AS

Fatimah al-Fihri ialah muslimah Tunisia yang lahir 1216 tahun silam, tepatnya 800M. Universitas pertamanya dibangun pada tahun 859M, bernama Universitas al-Karaouine (Al-Qawariyyin) di Fes, Maroko. Universitas ini bahkan didirikan jauh sebelum al-Azhar, Cambridge, Harverd, Oxford didirikan.

Muslimah ini dijuluki Oum al-Banine yang berarti ibu dari anak-anak fes. Ia keturunan bangsawan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Muhammad al-Fihri, ayahnya Fatimah merupakan seorang pengusaha sukses di ota Tunisia yang kemudian beralih ke Fes, Maroko [ada masa pemerintahan Raja Idris II.

Fatimah al-Fihri dan saudaranya, Maryam merupakan kakak beradik yang sholihah dan berpendidikan, ilmu agama dan sains khususnya arsitektur menjadi kecintaan mereka.

Visi misi untuk memajukan masyarakat kota tersebut didapatkan Fatimah dan Maryam setelah melakukan perjalanan denan ayahnya dan menetap di distrik barat kota Fes Maroko.

Adapun langkah pertama yang dilakukan, Fatimah bersama kakaknya membentuk komunitas studi. Mereka bergaul dengan masyarakat tanpa memandang kelas.

Kesadaran Fatimah akan pentingnya memiliki pusat-pusat studi keagamaan untuk menjaga pengetahuan Islam dna mengembangkan masyarakat intelektual, membuatnya rela menyumbangkan kekayaan warisan yag dimilikinya.

Masjid Al-Qawariyin dibangun oleh Fatimah setelah ayahnya meninggal pada tahun 859M. Masjid ini sekaligus menjadi madrasah yang memainkan peran utama dalam menyebarkan cahaya pengetahuan dan tonggak untuk pertukaran budaya antara peradaban Islam dan Eropa.

Kemudian, di abad 12 masjid tersebut sudah berkembang menjadi pusat penting pendidikan dan merupakan universitas Islam yang paling bergengsi pertama di dunia.

BACA JUGA: Inilah Batasan Aurat Sesama Muslimah

Adapun Maryam, memutuskan untuk memberikan sebagian warisannya untuk membangun masjid Agung Al-Andalus.

Tentu saja kisah hidup al-Fihri bersaudara ini sangat menginspirasi wanita muslim. Bahkan Guiness Book of World Record mencatat kampus ini sebagao kampus tertua di dunia. []

SUMBER: ISLAMEDIA


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *