Unik, Informatif , Inspiratif

Wah, Ternyata Rasa Cemas yang Wajar Bisa Bantu Ingatan

0

Tak banyak yang menyangka atau bahkan menyadari, ternyata rasa cemas yang wajar dapat membantu agar mengingat kejadian.

BACA JUGA: Penelitian: Generasi Milenial Lebih Gampang Depresi dan Cemas

Hal tersebut disebutkan oleh sebuah studi dalam Journal Brain Sciences. Namun, ketika tingkat kecemasan menjadi terlalu tinggi atau berubah menjadi ketakutan, maka yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

“Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati,” kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes belum lama ini.

“Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka,” kata dia seperti dilansir Indian Express.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 di antaranya adalah perempuan.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

BACA JUGA: Ketika Sahabat Nabi Mimpi Melihat Neraka

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka. Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi. []

SUMBER: HARIANJOGJA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.