Unik, Informatif , Inspiratif

Wahai Pemuda, Mulialah Kalian dengan Ini

0

“Datangkanlah kepadaku sepuluh orang pemuda maka akan kuguncang dunia.” Pernyataan tersebut terlontar dari lisan Soekarno dan tampaknya begitu dihayati oleh para pemuda pejuang kemerdekaan Indonesia pada masanya.

Pemuda memang memiliki peranan besar terhadap perubahan suatu masa maupun peradaban. Semangat dan gelora jiwa yang membara barangkali itulah salah satu kunci ketangguhan mereka dalam membawa perubahan.

Al-Quran juga banyak mengisahkan perjuangan nyata para nabi dan rasul a.s. yang semuanya adalah orang-orang terpilih dari kalangan pemuda.

Related Posts
1

Jangan Seperti Abu Jahal

4

Ini HAM versi Islam

Bahkan, ada di antaranya yang telah diberi kemampuan untuk berdebat dan berdialog sebelum umurnya genap 18 tahun.

Berkata Ibnu Abbas r.a., “Tak ada seorang nabi pun yang diutus Allah melainkan ia (dipilih) dari kalangan pemuda. Begitu pula tidak seorang alim pun yang diberi ilmu, melainkan ia dari kalangan pemuda.” Selanjutnya, Ibnu Abbas membaca QS. Al-Anbiya’ (29) ayat 60 (yang artinya): “Mereka berkata, ‘Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim’.” (Lihat: Tafsîr Ibnu Katsîr, III/183).

Demikian itulah tugas dan peranan penting pemuda Islam yang sanggup memikul beban dakwah dan membawa perubahan di tengah umat.

Inilah misi dan tanggung jawab generasi Islam masa kini, yakni mengemban dakwah Islam di tengah-tengah masyarakat untuk menghidupkan kembali Islam dan membangkitkan umat. []

 

 


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline