muslimah liburan, penyebab berjerawat
Foto: Mosche

Wajah Selalu Berjerawat Saat Liburan? Ketahui Penyebabnya

Hari libur menjadi hari yang paling ditunggu banyak orang. Ya, bagaimana tidak? Lliburan Bersama keluarga atau pasangan sudha cukup lama dinanti. Tapi sayangnya, kadang saat liburan ada yang mengganggu para wanita.

Apa itu? Jerawat. Tak jarang tiba-tiba jerawat muncul. Padahal sudah perawatan wajah sebelumnya. Kira-kira kenapa ya bisa seperti itu?

BACA JUGA:  Basmi Anda Jerawat dengan Bawang Putih

Ternyata, menurut ahli Dermatologis, menyalahkan jerawat pada kondisi tidak bersih di pesawat, kereta api, atau bus lebih mudah. Meski faktanya alasan terbesar kulit berjerawat lebih terkait dengan stres daripada transportasi.

1. Stres

Seberapa besar pengaruh stres terhadap timbulnya jerawat?

Menurut Adarsh Vijay Mudgil, M.D., dari Mudgil Dermatology, P.C., saat liburan hormon stres atau kortisol yang meningkat akan menyebabkan munulnya jerawat.

Adapun cara menghindarinya, terapkan beberapa kebiasaan sehat di minggu-minggu menjelang perjalanan. Seperti dengan cukup tidur, ikuti diet sehat, dan hindari makanan tinggi glikemik seperti olahan gula dan permen.

BACA JUGA: 4 Bahan Aman untuk Atasi Jerawat Ibu Hamil

2. Perbedaan Suhu Udara

Adapun yang perlu diperhatikan, ialah cuaca tempat berlibur. Perubahan suhu dan kelembapan yang tiba-tiba dapat menyebabkan jerawat. Bahkan, air mandi sekalipun. []

SUMBER: WOMANTALK


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Terlanjur Haid, Shalat Belum Dikerjakan, Apakah Harus Mengganti?

Sebaliknya dalam mazhab Asy-Syafi'iyah, kewajiban shalatnya tidak gugur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *