Unik, Informatif , Inspiratif

Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Dhuha

0

Seperti kita tahu, shalat Dhuha mempunyai banyak keutamaan. Shalat sunnah yang dilakukan pada waktu pagi menjelang siang ini merupakan salah satu amalan sunnah yang layak dijadikan sebuah rutinitas.

BACA JUGA: Ketika Shalat Dhuha, Apakah Harus Baca 2 Surat Ini?

Dalam pelaksanaanya, kita seharusnya tahu waktu melakukan terbaik untuk melakukan shalat Dhuha. Waktu Dhuha yakni diawali sejak naiknya matahari, yaitu sekitar ¼ jam setelah munculnya matahari sampai menjelang zawal (tergelincirnya matahari), selagi belum masuk waktu terlarang untuk shalat.

Related Posts
1

Tinggalkan Shalat, Ini Kerugiannya (2-Habis)

Dan sebaiknya seseorang yang ingin melaksanakan shalat Dhuha agar mengakhirkan waktunya sampai sengatan terik matahari terasa panas, berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Shalatnya orang-orang yang bertaubat adalah ketika anak unta mencari tempat yang teduh,” ( HR. Muslim 748). Dan ini biasanya terjadi menjelang zawal.

BACA JUGA: Sering Sholat Dhuha, Rezeki Masih Seret? Mungkin Ini Penyebabnya

Jika kita jabarkan mungkin waktunya pagi hari. Sejak sekitar jam 8,00 pagi (atau kira-kira setelah matahari naik dari peraduannya setinggi tombak) sampai masuknya waktu Dhuhur. Jumlah rekaatnya minimal 2 dan paling banyak 8. Kalau ingin mengerjakan lebih dari 2, maka melakukannya tiap 2 rekaat salam. []

SUMBER: ISLAMPOS


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline