bahaya bayi minum air putih
Foto : Alodokter

Wangi Khas Apa yang Timbul dari Bayi?

Kenapa saat dengan bayi timbul perasaan gemas, timbul wangi khusus dan betah terus?

BACA JUGA: Kejaiban ASI untuk Bayi

Wangi bayi yang timbul dari tubuhnya itu ternyata memiliki sebab ilmiah. Dari mana hal itu timbul dan kenapa timbul hanya pada bayi. Berikut beberapa penjelasan ilmiahnya:

Wangi dari metabolisme tubuhnya

Dilansir dari womenshealthmag.com, seorang ahli kimia bernama George Preti berpendapat bahwa aroma bayi yang begitu harum dihasilkan dari metabolisme tubuhnya.

Kelenjar keringat memproduksi bau yang begitu menggoda karena bayi hanya mengonsumsi makanan melalui saluran cerna saat di kandungan. Jika bayi mulai mengonsumsi makanan dan minuman lain, maka keringatnya akan mempunyai aroma yang berbeda.

Lapisan Vernix Caeosa pada kulit bayi

Dilansir dari Aplus.com, lapisan Vernix Caseosa pada kulit bayi berfungsi untuk melindungi bayi saat masih di dalam kandungan. Lapisan ini akan diserap oleh kulit bayi pada saat baru lahir.

Lapisan inilah yang dipercaya membuat aroma bayi begitu harum dan manis. Walaupun saat bayi baru lahir itu dibersihkan, namun sisa-sisanya masih menempel selama beberapa pekan.

Berhubungan dengan kelucuan dan naluri kelangsungan hidup mereka

Dilansir dari purewow.com, berdasarkan pada studi terbaru yang dipublikasikan di Trends in Cognitive Sciences, ada sebuah alasan ilmiah yang dapat menjelaskan mengapa bau bayi selalu terasa wangi.

Ternyata, bau bayi ada hubungannya dengan kelucuan dan naluri kelangsungan hidup mereka. Bayi yang keluar dari rahim seorang wanita memiliki berbagai pesona, seperti pipi, kulit, dan aroma tubuh. Ini semua disebut sebagai taktik biologis untuk memicu perhatian dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya.

Penerimaan positif pada otak perempuan terhadap bau bayi

Selain dapat dibuktikan secara ilmiah, wangi pada bayi juga dapat dibuktikan secara psikologis. Dilansir dari Today.com, psikolog dan penulis Diane Sanford memaparkan bahwa penerimaan positif pada otak perempuan terhadap aroma bayi sebenarnya jauh lebih masuk akal daripada yang diperkirakan banyak orang.

BACA JUGA: Misterius, Sejumlah Bayi di Prancis Dilahirkan tanpa Tangan

Sanford mengatakan bahwa pada bulan-bulan pertama, bayi hanya butuh diurus. Hal ini mengaktifkan maternal bond pada perempuan, khususnya pada ibunya. []

SUMBER: IDNTIMES


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *