perut buncit pada wanita
Foto: Imgrum

Wanita, Bolehkah Pendekkan Rambut?

INSPIRADATA. Rambut bagi wanita adalah mahkota, begitulah kata pepatah. Bahkan konon katanya, perempuan alias kaum Hawa tidak boleh memendekkan rambutnya. Tapi ada juga yang berpendapat jika rambut tidak digunting pendek seperti pria masih diperbolehkan. Jadi, boleh atau tidak ya?

Wanita dibolehkan memendekkan rambut sesuai kebutuhan jika kondisinya seperti yang diceritakan di atas tadi. Adapun jika mereka memotongnya dengan motif meniru wanita-wanita kafir tentu saja tidak dibolehkan. Berdasarkan hadits nabi yang berbunyi: “Barangsiapa menyerupai satu kaum maka ia termasuk golongan mereka.”

Begitu pula mereka tidak dibolehkan memendekkan rambut hingga seperti potongan rambut kaum pria. Berdasarkan hadits Abdullah bin Abbas Radhiyallaahu ‘Anhu ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam melaknat para lelaki yang menyerupakan dirinya dengan kaum wanita dan para wanita yang menyerupakan dirinya dengan kaum pria.” (H.R Al-Bukhari no. 5435)

Harap menjadi catatan, jika memang rambut panjang mengganggu (aktivitas) wanita tersebut, maka boleh saja untuk dipendekkan. Namun bila tidak mengganggu, maka yang terbaik bagi wanita adalah memiliki rambut panjang karena itu menunjukkann kecantikan dirinya.

“Seorang pria itu semakin tampan dengan jenggotnya dan seorang wanita semakin anggun dengan jalinan rambutnya (rambut panjang),” (Tarikh Dimasyq, Ibnu ‘Asakir, Asy Syamilah, 36/343). Wallohu A’lam Bishshowwaab. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Terlanjur Haid, Shalat Belum Dikerjakan, Apakah Harus Mengganti?

Sebaliknya dalam mazhab Asy-Syafi'iyah, kewajiban shalatnya tidak gugur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *