Wanita, Jagalah Ini


muslimah-payungINSPIRADATA. Wanita memiliki banyak keistimewaan. Cenderung pada keindahan dan identik dengan kecantikan. Wanita bahkan diibaratkan sebagai perhiasan. Namun, yang perlu diingat adalah hadis Nabi yang menyatakan bahwa sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalehah. Bahkan dikisahkan bidadari pun cemburu kepadannya.

Wanita memang harus menjaga tubuh serta penampilannya, namun bukan berarti harus menghabiskan sisa hidupnya dengan bolak-balik ke salon. Agar menjadi shalehah, yang perlu dilakukan adalah hidup dengan tuntunan Al Qur’an dan sunnah. Maka, untuk menjaga penampilan dan tubuh pun, sebaiknya dengan berpegang pada keduanya.

Dilansir dari Thayyiba.com, berikut ini hal-hal yang perlu dijaga tersebut:

1. Alis. Rasullulah melaknat perempuan yang mencukur atau menipiskan bulu kening atau meminta supaya dicukurkan bulu kening. (HR. Abu Daud)

2. Pamer perhiasan. Dan janganlah mereka (perempuan) membentakkan kaki (atau mengangkatnya) agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. (QS. An-Nur 31)

3. Wewangian. Siapa saja wanita yang memakai wangi-wangian kemudian melewati suatu kaum supaya mereka itu mencium baunya, maka wanita itu telah dianggap melakukan zina dan tiap-tiap mata ada. (HR. Nasai)

4. Dada. Hendaklah mereka (perempuan) melabuhkan kerudung hingga menutupi bagian depan dada-dada mereka. (QS. An-Nur Ayat 31)

5. Gigi. Rasullulah melaknat perempuan yang mengikir gigi atau meminta supaya dikikirkan giginya – (HR. At-Thabrani)

6. Pakaian yang tipis.  Asma Binti Abu Bakar telah menemui Rasullulah dengan memakai pakaian yang tipis. Sabda Rasullulah: Wahai Asma! Sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menampakka anggota badan kecuali pergelangan tangan dan wajah saja (HR. Muslim dan Bukhari)

7. Tangan. Sesungguhnya kepala yang ditusuk dengan besi itu lebih baik daripada menyentuh lawan jenis yang tidak halal baginya. (HR. At Tabrani dan Baihaqi). []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *