dampak rokok bagi kulit
Foto: Public Domain Pictures

Wanita Suka Merokok, Ini Efek Negatifnya

INSPIRADATA. Merokok kini tak hanya dilakukan oleh pria, tapi juga wanita. Jika untuk pria saja merokok memiliki segudang efek negatif apalagi untuk wanita. Berikut ini, efek negatif merokok pada wanita, yang harus Anda ketahui.

1. Rokok pada wanita yang menggunakan KB hormonal dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan berbagai kelainan pembuluh darah lainnya.

2. Rokok pada wanita hamil akan meningkatkan risiko terjadinya bayi lahir prematur, keguguran, kematian bayi, bayi lahir dengan berat lahir yang rendah, abruptio plasenta, placenta previa, dan lainnya

3. Rokok dapat menurunkan kesuburan wanita.

4. Rokok dapat meningkatkan angka kejadian terjadinya amenorea sekunder (berhentinya siklus menstruasi), menyebabkan siklus menstuasi jadi tidak teratur, mempercepat waktu timbulnya menopause sekitar 1 hingga 2 tahun lebih awal.

5. Rokok dapat menurunkan kepadatan tulang sehingga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Rokok juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit periodontal dan kanker mulut, menimbulkan terjadinya pewarnaan pada gigi dan mempercepat timbulnya keriput pada kulit wajah.

6. Rokok dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker serviks (leher rahim) dan vulva. []

Sumber: Klik Dokter


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *