tanda penyakit kista
Foto: rawpixel.com

Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Tanda Penyakit Kista

Kista adalah penyakit mengerikan yang sering diderita oleh perempuan. Kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Biasanya, kista berbentuk seperti cairan kental, tapi ada juga yang berisi nanah atau udara.

Perlu kita ketahui, kista ternyata bisa tumbuh dimana saja. Bentuk dari kista sendiri bisa menyerupai organ tubuh yaitu otak, ginjal atau ovarium.

 

Agar terhindari dari penyakit ini, wanita seharusnya tidak mengabaikan dan menganggapnya sepele. Berikut ini 6 tanda penyakit kista yang harus diwaspadai, dikutip dari  IDN Times.

 

1. Menstruasi yang sangat banyak serta tidak teratur dan pendarahan pada vagina

 

Hal ini disebabkan oleh luas permukaan endometriun yang lebih menebal dan menyebabkan kontraksi rahim terganggu makanya terjadi pendarahan. Jika kamu mengalaminya, jangan ragu untuk periksa ke dokter.

 

2. Perut yang membesar

 

Meski sudah buang air besar, tapi kamu merasa perutmu membesar tanpa alasan yang jelas, itu bisa jadi karena kista yang telah membesar. Jangan diam saja dan segera periksakan.

 

3. Merasa penuh atau berat dibagian perut padahal kamu sedang tidak hamil

 

Karena kista bentuknya seperti kantung yang ada isinya, jadi wajar saja kalau kamu akan merasa keberatan dan kepenuhan di bagian perut, padahal kamu sedang tidak hamil. Kemungkinan besar kamu terkena kista.

4. Perut serasa ditekan dari dalam

 

Hal ini terjadi karena pembesaran kista atau mioma. Karena dia membesar, bukan hanya akan membuat perutmu serasa ditekan, tapi nantinya kamu juga akan mengalami masalah buang air kecil dan besar juga.

5. Nyeri yang luar biasa di bagian bawah perut

 

Wanita biasanya memang merasakan nyeri saat menstruasi. Tapi kista tidak pandang bulu, dia akan membuatmu tetap merasa nyeri walau kamu tidak sedang dalam posisi menstruasi.

6. Sakit pada punggung bagian bawah sampai ke paha

 

Kista yang membesar dan tidak segera ditangani akan membuatmu merasa nyeri luar biasa bahkan sampai ke paha. Jika kamu mengalami nyeri seperti ini saat kamu tidak habis jatuh atau terantuk, bisa jadi kamu terkena kista. []

 

 

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *