Waspada, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membunuh Secara Perlahan!


kerja-lelaki-kantor-komputerINSPIRADATA. Beberapa hal di bawah ini mungkin terdengar berlebihan atau tak masuk akal, tapi percayalah lima kebiasaan sepele dalam kesaharian kita ini bisa membunuh secara perlahan. Apa sajakah itu? Berikut seperti dilansir
Gulfnews.

1. Kurang tidur
Kurang tidur bisa menyebabkan badan kaku, sakit kepala, kecemasan dan banyak penyakit lainnya. Tidur kurang dari empat jam bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (PJK), dengan demikian kebiasaan ini bisa mengurangi umur Anda secara perlahan dan pasti.

Idealnya, orang dewasa tidur tujuh sampai sembilan jam. Orang-orang yang tidur kurang dari 5-6 jam sehari akan mengalami peningkatan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Temuan ini berasarkan studi yang dipublikasikan dalam European Heart Journal pada 2011.

2. Duduk terlalu lama
Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa terlalu banyak duduk ternyata bisa meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 54 persen. Hal ini terbukti dalam studi pada tahun 2009 yang menunjukkan lebih dari 17 ribu orang dan kebiasaan sehari-hari mereka ternyata ‘menakutkan.’

Pada tahun 2010 dan 2013, dengan sampel yang lebih besar, menunjukkan banyaknya orang yang terkena kanker dan diabetes. Salah satu penyebabnya yaitu duduk lebih dari 3 jam. Mulai sekarang coba untuk bangun dan meregangkan kaki Anda setiap 30 sampai 40 menit jika harus bekerja dengan duduk yang lama.

3. Terlalu banyak tidur
Kurang tidur bisa membunuh Anda, namun tidur lebih dari 9 jam juga dapat meningkatkan risiko kondisi yang berhubungan dengan jantung. Menurut penelitian di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Norwegia, mereka yang biasa tidur selama delapan jam atau lebih, 34 persen lebih mungkin untuk menderita penyakit jantung, sementara mereka yang tidur kurang dari empat jam, 35 persen lebih mungkin berisiko mengalami masalah kardiovaskular.

4. Sering menatap layar komputer atau TV
‘Nongkrongin’ layar menyala (untuk hiburan atau pekerjaan) lebih dari empat jam sehari ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan semua penyebab kematian yang tidak bisa diprediksi. Temuan ini menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology (JACC) pada 2011.

Kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko kerusakan otak, terutama pada usia muda. Ada sebuah kondisi gangguan akibat menatap layar terlalu lama yang disebut Electronic Screen Syndrome. Sindrom ini sering didiagnosis pada anak-anak yang terlalu sering menatap layar TV, komputer, video game maupun ponsel.

5. Patah hati
Sindrom patah hati, secara resmi dikenal sebagai ‘Takotsubo cardiomyopathy’ (seperti yang pertama kali dipelajari di Jepang). Sindrom ini adalah kondisi sementara yang bisa memengaruhi ventrikel kiri jantung. Sindrom ini bisa memicu stres yang ekstrim (emosional atau fisik) dan berbahaya bagi kesehatan. []


Artikel Terkait :

About Sodikin

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *