Waspada, Banjir Ternyata Salah Satu Penyebab Kematian

497825_01321309022015_banjir_jktINSPIRADATA. Beberapa media nasional pada hari ini (24/10/2016) memberitakan tentang bencana banjir yang terjadi di ruas jalan Pasteur, Bandung. Beberapa waktu yang lalu pun, banjir sempat terjadi di bebearpa daerah lainnya di Indonesia. Oleh, karena itu, sebagai bentuk kewaspadaan kita terhadap bencana banjir, ada baiknya kita mengetahui fakta seputar banjir.

Sebagaimana yang dilansir oleh nationalgeographic.co.id, pada tahun 2014, banjir  menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak yang berhubungan dengan cuaca. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), selama 30 tahun sejak 1994-2013, rata-rata kematian terbanyak yang terjadi memang disebabkan oleh bencana banjir.

Berikut ini fakta seputar banjir:

  1. Air banjir tidak baik untuk kulit, jadi jangan berjalan di genangan air banjir karena itu akan berbahaya bagi kesehatan.
  2. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, banjir mampu menenggelamkan lebih dari setengah kendaraan yang ada pada saat kejadian. Jadi, sebaiknya hindari  berkendara saat banjir.
  3. Banjir bandang dapat membentuk dinding air yang berpotensi menjadi gelombang besar.
  4. Air dapat juga membentuk gelombang badai yang kemudian menjadi jenis banjir yang terkait dengan badai tropis dan ini pun menjadi penyebab utama kematian.

Jika ingin terhindar dari bencana banjir sebaiknya kita waspada dan mulai antisipasi dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *