kuku hitam penyebab kanker
Foto: nuvail.rx.

Waspada, Ini Jenis Kuku Tidak Sehat yang Timbulkan Penyakit

ilustrasi kuku (Foto: nuvail.rx)
ilustrasi kuku (Foto: nuvail.rx)

INSPIRADATA. Sehat adalan suatu hal yang sangat penting bagi manusia. Lantas, bagaimanakah cara melihat tubuh Anda sudah sehat atau tidak?

Dilansir vebma.com, kesehatan seseorang bisa dilihat dari kukunya. Berkaitan dengan hal itu, berikut pemaparan tentang macam-macam kuku tidak sehat sehingga bisa menimbulkan penyakit bagi Anda.

1. Kuku berwarna cokelat
Jika Anda memang salah satu orang perokok berat maka jangan heran kalau keadaan kuku Anda berwarna cokelat. Dan bisa juga ini indikasi bahwa Anda kurang memiliki nutrisi pada tubuh Anda diantaranya kurang protein, vitamin c. Padahal kebutuhan yang seperti ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Kuku berwarna pucat
Ketika warna kuku Anda yang mulai memucat sudah dipastikan bahwa Anda sedang menderita anemia (kurang darah). Maka kuku pun mengikuti berjalannya tubuh Anda yang ada sekarang, yang tadinya waran kuku Anda merah muda sekarang sudah tidak lagi indah.

Dan pada saat Anda merasa lelah dan capek keadaan tubuh Anda maka hal ini juga akan berpengaruh pada warna kuku Anda .sangat disayangkan sekali jika sampai mengalami kurang darah. Anda bisa melakukan pencegahan sebelum ini semua terjadi padamu, bahkan anemia bisa membawa kepada kematian.

3. Warna kuku yang menguning
Kadangkala Anda melihat kuku orang lain yang berwarna kuning, Anda pasti mengasumsikan bahwa dia jorok dan tidak merawat kuku dengan baik. Akan tetapi ada juga penyebab mengapa kuku berwarna kuning. Bisa juga disebabkan oleh penyakit kuning, berarti orang tersebut sedang mengidap penyakit tertentu sehingga mampu mengubah warna pigmen kukunya.

Adapun memang kuku kuning karena adanya jamur terdapat kuku Anda, sebenarnya ini pun terjadi akibat Anda kurang menjaga kebersihan. Bisa juga kuku tersebut akan mengelupas dengan sendirinya, adapun penyakit yang sedang menyerang orang tersebut misalnya gangguan pada hati, atau penyakit sinus yang sudah parah.

4. Kuku yang bergelombang
Kuku yang bergelombang pun bisa Anda anggap hal ini tidak sehat, sebab Anda salah satu orang yang memang kurang mengkonsumsi makanan laut. Memang secara kasat mata tidak akan pernah Anda merasakan bahwa kuku Anda bergelombang. Hal ini bisa Anda rasakan ketika saat memotong kuku, ataupun Anda sedang mengecat kuku Anda maka Anda terasa bahwa memang kuku Anda benar adanya bergelombang. Memang tidak berbahaya akan tetapi ini juga menjadi suatu tanda yang nantinya bisa saja terjadi penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Untuk mengantisipasi segeralah mengubah pola makan Anda.

Nah, itulah ciri-ciri jenis kuku tidak sehat. Apakah ada salah satu jenis kuku Anda tergolong di atas. Jika ya, maka Anda perlu waspada.[]


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *