menyetir, Waspada, Ini Penyebab Kecelakaan Tertinggi Ketimbang Mabuk
Unik, Informatif , Inspiratif

Waspada, Ini Penyebab Kecelakaan Tertinggi Ketimbang Mabuk

0

KONSENTRASI amat dibutuhkan saat kita menyetir mobil. Karena itu jangan sampai ada penghambat sekecil apapun itu ketika kita menyetir mobil. Kecuali jika Anda mau celaka. Salah satu biang kecelakaan gara-gara hilang konsentrasi saat nyetir adalah main Handphone atau HP. 

Mengoperasikan HP saat mengendarai mobil dilarang karena dapat memecah konsentrasi hingga menyebabakan kecelakaan. Bahkan menurut penelitian, bermain HP menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan.

Penelitian yang dilakukan Governors Highway Safety Association (GHSA) di Amerika Serikat (AS), menyebut bahwa penggunaan ponsel saat mengendarai mobil seperti menelepon dan SMS, menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan di jalan.

BACA JUGA: Macet dan Anak Kecelakaan, Ibu di China Sujud agar Ambulans Bisa Lewat

Bukan hanya itu, menurut dari beberapa sumber hasil penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa menggunakan HP saat berkendara, menjadi salah satu dari empat penyebab kecelakaan lalu lintas yang umum terjadi di dunia.

Bahkan salah satu studi menyebut bermain HP saat mengendarai mobil ternyata juga lebih berbahaya ketimbang keadaan mabuk karena alkohol. Risiko kecelakaan saat menuliskan pesan singkat di HP enam kali lebih memungkinkan terjadi kecelakaan dari pada mabuk.

Belum termasuk dengan kegiatan menelpon yang menyebabkan kecelakaan terjadi hingga 23 persen, artinya jika disimpulkan memang sangat bahaya mengoperasikan HP ketika berkendara. Oleh sebab itu, beberapa negara sangat melarang keras.

BACA JUGA: Waspada, 15 Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Ini Rentan Saat Mudik Lebaran

Di negara bagian Australia Barat di Perth menaikkan denda bagi pengemudi mobil yang diketahui sedang mengoperasikan HP. Melansir ABC Australia, denda yang dibebankan untuk pelanggar tersebut meningkat dari 400 dolar Australia menjadi 1.000 dolar atau setara Rp10 juta.

Hal itu dilakukan untuk membuat jera, mengingat sepanjang tahun lalu 31 orang meninggal dunia karena keceakaan yang disebabkan hilangnya konsentrasi saat mengemudi. Salah satu penyebab kecelakaan karena hilangnnya konsentrasi itu adalah bermain HP. []

SUMBER: 100KPJ


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.