bala, mas kawin adat flores (foto: vebma)
bala, mas kawin adat flores (foto: vebma)

Waspada, Mas Kawin Wanita Flores Ini Bisa Buat Kaum Pria Jadi Miskin

bala, mas kawin adat flores (foto: vebma)
bala, mas kawin adat flores (foto: vebma)

INSPIRADATA. Negara Indonesia merupakan negara kaya yang memiliki ragam suku dan budaya. Ada ratusan suku dan adat-istiadat berbeda yang tersebar di seantero nusantara, termasuk dalam tata cara pernikahannya. Misalnya saja dalam mas kawain adat pernikahan masyarakat Flores, Nusa Tenggara Timur ini.

Jika sebagian besar pernikahan di Indonesia memberikan mahar emas sebagai sebuah mas kawin, tetapi berbeda dengan masyarakat Flores.

Dilansir otonomi. co. id, masyarakat Flores justru memberikan mahar dengan menggunakan bala, yakni sebuah gading gajah. Bagi mereka gading gajah merupakan benda yang sangat langka, berharga, dan memiliki nilai tinggi, bahkan keramat.

Yaps, bala adalah salah satu syarat wajib bagi pria yang siap menikahi wanita di Flores. Jika tidak bisa memenuhinya, maka jangan harap pernikahan tersebut bisa berlangsung. Tradisi ini berawal ketika masyarakat Flores menemukan sebuah fosil-fosil gajah purba. Selain itu, pada abad ke-17, Raja Sikka yang pergi ke Malaka membawa banyak gading gajah.

Untuk dijadikan sebuah mas kawin, bukan sembarang bala yang bisa digunakan. Gading gajah tersebut harus sesuai dengan permintaan dari pihak mempelai wanita. Biasanya pihak mempelai putra akan melakukan negosiasi dengan keluarga wanita dan membuat kesepakatan.

Kemudian, setelah itu keluarga pria akan mempersiapkan diri dan akan membawa gading tersebut. Ketika sudah siap, maka akan langung ke rumah keluarga wanita yang akan dinikahinya. Biasanya utuk keperluan menikah, diperlukan gading sebanyak 5 batang.

Dan tahu tidak guys harga satu gading itu berapa? Ya, harga untuk satu gading yang berukuran 30 cm adalah Rp20 juta, ukuran 60 cm bisa mencapai Rp30 juta.

Bayangkan jika nilai tersebut dikali kan, tentunya sangat banyak. Sedangkan khusus wanita yang masih memiliki darah bangsawan, pihak pria harus membawakan gading dengan ukuran 1,25-2 meter dan harganya mencapai Rp1 miliar.

Mengetahui mahalnya harga bala, para keluarga di Flores pun menyimpannya sebagi bekal untuk bisa menyekolahkan anaknya hingga lulus kuliah.

Jika tidak ingin menjualnya, masyarakat Flores akan menggadaikan gading. Kemudian jika sudah memiliki uang, mereka akan menebus gading tersebut. Sebab gading dipercaya bisa dijadikan jimat dan barang pusaka yang patut disimpan.

Wah, mahar di Flores unik juga ya guys. Namun, hal ini menjadi kabar buruk bagi pria yang ingin menikahi wanita Flores, pasalnya butuh dana besar untuk membeli mahar bala ini. Ehm…[]


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *