Unik, Informatif , Inspiratif

Waspada! Tidak Sarapan Bisa Menyebabkan Stroke

0

Kita padahal sudah tahu bahwa sarapan sebelum beraktivitas itu sangatlah penting, tubuh kita membutuhkan energi untuk beraktivitas sehingga haruslah sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology mengemukakan bahwa tidak sarapan bisa membahayakan jantung. Mengapa begitu?

Alasannya karena orang yang tidak sarapan mudah mengalami penumpukan plak di pembuluh darah sehingga sewaktu-waktu hal tersebut bisa dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga stroke.

Hal ini didapat dari sebuah penelitian dengan menganalisis 4000 orang dewasa yang bebas penyakit jantung di awal penelitian. Peneliti tersebut melakukan pemeriksaan USG pada seluruh peserta untuk memeriksakan adanya plak di pembuluh darahnya atau tidak. Selain itu, mereka pun ditanya mengenai kebiasaan sarapan sehari-hari mereka.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih dari dua kali seminggu menimbulkan adanya penumpukan plak di dalam tubuh, antara lain leher kanan dan kiri, perut, serta panggul mereka.

Dalam penelitian itu sehingga dapat disimpulkan bahwa mereka yang kebiasaan sarapannya sangat sedikit di pagi hari bisa mengalami penumpukan plak di pembuluh darah arteri leher sekitar 21%, dan mereka yang tidak sarapan sama sekali berisiko mengalami penumpukan plak di arteri leher sekita 76%.

Menurut peneliti, penumpukan plak di arteri leher sangat berbahaya karena dapat menyumbat aliran darah ke otak sehingga berpotensi memicu stroke. []

Sumber : Suara.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.