Waspadai 4 Bahaya Menggunakan Headset

Saat ini banyak sekali kita temui orang yang mendengarkan musik dari smartphonenya yang menggunakan headset. Headset memang merupakan alat yang tepat untuk orang yang ingin mendengarkan musik sendiri tanpa mengganggu ketenangan orang lain. Tetapi tahukah Anda? Headset dapat membahayakan kesehatan Anda jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini bahaya menggunakan headset yang dikutip dari soktau.com.

Kerusakan pada Telinga Secara Permanen

Rusaknya pada telinga ini dapat terjadi apabila telinga Anda sudah tidak dapat menampung lagi kerasnya suara dari headset yang terhubung secara langsung di lubang telinga Anda. Biasanya hal tersebut sering terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau masih remaja. Karena telinga anak muda masih sangat sensitive terhadap suara keras.

Kehilangan Pendengaran

Telah dilakukan sebuah penelitian, memang penggunaan headset yang berlebih ini tidak berdampak secara langsung, melainkan dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan. Kerusakan telinga akibat headset tersebut akan muncul secara perlahan. Biasanya efek akan terasa ketika pengguna tersebut berumur 20-an, saat usia tersebut pengguna mulai kehilangan pendengarannya.

Kerusakan Otak

Tidak hanya pada telinga, kerusakan juga sampai pada otak Anda. Gelombang elektromagnetik pada headset tersebut juga berpengaruh pada listrik otak. Hal ini sudah dibuktikan, elektromagnetik tersebut berpengaruh pada listrik otak tikus. Tetapi, hingga saat ini masih belum diketahui seberapa besar gelombang yang dapat diterima oleh otak manusia. Meski begitu, Anda harus tetap waspada.

Ambang Pendengaran

Suara musik dari headset dapat berpengaruh pada ambang pendengaran manusia. Apalagi jika dilakukan dengan volume yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Secara perlahan namun pasti, efek ini akan muncul dan akan merusak pendengaran Anda secara permanen. Maka dari itu, gunakan headset ini seperlunya saja jangan sampai berlebih, apalagi digunakan ketika tidur.


Artikel Terkait :

About Hida

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *