Unik, Informatif , Inspiratif

Wisata Kuliner Yogyakarta, 5 Makanan Ini Jangan Sampai Terlewatkan

0

Selain memiliki banyak destinasi wisata seru yang asyik buat menikmati liburan, Yogyakarta juga surga bagi para pecinta kuliner. Aneka hidangan lezat ada di Jogja, mulai dari makanan berat yang khas, hingga aneka makanan ringan yang dijamin menggoyang lidah. Wisata kuliner di Jogja cocok buat yang hanya punya waktu singkat untuk liburan. Segarkan kembali tubuh dengan aneka makanan lezat yang harganya nggak bikin kantong bolong.

Kalau kamu belum tahu mau wisata kuliner ke mana saja di Jogja, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa dipilih. Sebelumnya, cek tiket kereta api online di link ini buat berangkat ke Jogja. Setelah dapat tiketnya, sekarang catat rekomendasinya.

Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari Jogja
Sumber : cybertokoh.com

Sate kambing yang satu ini istimewa karena dibakar dengan menggunakan tusuk dari bahan logam. Dengan begini, daging kambing yang dibakar tak hanya matang di luarnya saja tetapi juga matang di dalam.

Banyak warung sate klatak di Jogja yang bisa dikunjungi, namun banyak yang menyukai Sate Klatak Pak Bari yang berlokasi di Pasar Wonokromo, Jl Imogiri Timur No. 5, Pleret, Bantul. Meski lokasinya berada di dalam pasar, tetapi makan di sini bersih dan nyaman. Rasanya pun istimewa, dijamin pengin nambah lagi dan lagi.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Jogja
Sumber: @suryojdb

 

Jogja memang kotanya gudeg, bahkan nggak sedikit yang datang dengan kereta api hanya demi menikmati sajian kuliner dari nangka muda ini langsung di kota asalnya. Beragam olahan gudeg pun tersedia, dengan cita rasa khas yang disajikan pada masing-masing warung.

Tetapi jika kamu ingin mencicipi gudeg istimewa, Gudeg Pawon layak untuk dicoba. Selain rasanya yang lezat, jam buka warungnya pun istimewa. Buka pukul 22.00 WIB, rata-rata gudeg yang berlokasi di Jl Janturan UH/IV no. 36, Warungboto, Umbulharjo ini habis dalam waktu tiga jam saja. Siap-siap antri panjang buat mencicipi gudeg yang disajikan langsung di dapur alias pawon ini ya.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Sumber : Detik.com

Legendaris dan rasanya tak pernah berubah, itulah yang membuat warung Mangut Lele Mbah Marto yang berada di Ngireng-Ireng, Panggungharjo, Bantul ini selalu ramai. Warungnya sederhana, hanya berupa rumah lawas dengan kursi seadanya. Tetapi jangan tanya soal rasa makanannya, dijamin bikin kangen buat balik lagi ke sini.

Meski jarak dari pusat kota Jogja ke warung Mangut Lele Mbah Marto cukup jauh. Tak membuat antrian makan di warung ini jadi berkurang. Mulai jam buka pada pukul 10.00 pagi hingga habis, antrian pembeli selalu ada.

Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang Tahu SUkardi Jogja
Sumber : gudeg.net

 

Ada yang menyebut makanan ini dengan nama Tahwa, tetapi di Jogja lebih dikenal dengan nama Wedang Tahu. Berlokasi di Jl Kranggan No.75, Cokrodingratan, Wedang Tahu Bu Sukardi adalah salah satu yang terbaik di Jogja.

Saking lezatnya minuman ini, hanya dalam waktu beberapa jam setelah buka, biasanya wedang tahu bu Sukardi sudah ludes terjual. Untuk menikmatinya, disarankan bangun super pagi dan antrilah mulai pukul 06.30 WIB.

Bakmi Jawa Mbah Gito

Sajian kuliner Bakmi Jawa Mbah GIto
Sumber : @_tukangjajan

Nggak lengkap ke Jogja kalau tak mencicip bakmi Jawa. Salah satu yang terbaik adalah Bakmi Mbah Gito yang berlokasi di Jl Nyi Agengenis No 9, Kotagede. Selain mienya yang lezat, suasana di warung ini juga adem. Nikmat untuk menyantap mie sambil santai di siang hari seraya menyesap teh Jogja yang segar.

Masih ada banyak lagi kuliner lezat di Jogja yang bisa kamu cicipi. Cek tiket kereta api online ke Yogyakarta sekarang juga dan nikmati semua kuliner ini sambil liburan di Jogja.


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline