Unik, Informatif , Inspiratif

WNA Punya e-KTP, Mendagri: Tidak Berhak Melakukan Pencoblosan

0

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan terkait KTP elektronik (KTP-el) untuk warga negara asing (WNA) yang selama ini dikeluarkan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil.

Ia mengatakan bahwa penerbitan e-KTP tersebut sesuai dengan undang-undang. Juga ia menyampaikan bahwa WNA yang memiliki e-KTP tidak bisa mencoblos.

BACA JUGA: Takut Curang, Penerbitan E-KTP untuk WNA Dihentikan sampai Pemilu 2019 Selesai

“WNA yang punya KTP elektronik tidak berhak melakukan pencoblosan. Hal ini sudah ditegaskan melalui aturan undang-undang yang ada,” ujar Tjahjo.

“KTP WNA adalah sesuatu yang sudah sesuai dengan undang-undang yang ada, dan undang-undang ini diterbitkan sebelum saya jadi Mendagri, yaitu pada 2006,” kata Tjahjo menambahkan.

BACA JUGA: Ini Perbedaan e-KTP WNI dan WNA

Ia memaparkan bahwa Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 24 Tahun 2013, dalam Pasal 63 Ayat (1) dijelaskan bahwa penduduk orang asing yang memilik izin tinggal tetap yang telah berumur 17 tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP elektronik.

Dalam Pasal 64 Ayat (7) Huruf b disebutkan bahwa masa berlaku KTP elektronik bagi Warga Negara Asing disesuaikan dengan masa berlaku Izin Tinggal Tetap. []

SUMBER: ANTARA | REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.