Militer Filipina Tengah Berpatroli di Kawasan Marawi

WNI Diduga Terlibat dalam Pertempuran di Kota Marawi Filipina

INSPIRADATA. Dilaporkan sekitar 13 militan yang diduga memiliki hubungan dengan ISIS tewas dalam pertempuran dengan tentara Filipina di Kota Marawi, Mindanao. Yang mengejutkan adalah ditemukannya beberapa militan yang tewas diduga warga negara Indonesia dan Malaysia. Demikian disitat dari Detik, Jumat (26/5/2017).

Hal tersebut langsung diungkapkan oleh Kepala Departemen Kehakiman Filipina, Jose Calida, dalam konferensi pers pada hari ini. Ia menyatakan bahwa ada beberapa warga Indonesia dan Malaysia termasuk ke dalam pasukan militan Maute.

“Sebelum itu, mereka hanya kelompok teroris lokal. Tapi sekarang mereka mengikuti ideologi ISIS. Mereka ingin menjadikan Mindanao sebagai bagian kekhalifahan mereka,” terang Calida.

Namun, pihak pemerintah Filipina tidak menyebutkan identitas lebih lanjut dari warga Indonesia dan Malaysia tersebut. diinformasikan ada 6 militan asing yang tewas dalam pertempuran.

Sementara itu, sebuah media di Malaysia memuat informasi yang dikutip dari sumber intelijen, bahwa setidaknya ada satu warga negara Indonesia, dua warga Malaysia dan satu warga Arab Saudi yang tewas.

Sumber itu menyebutkan nama dari masing-masing militan asing tersebut. Warga negara Indonesia yang tewas diduga bernama Ayman Marjuki. Sedangkan warga Saudi yang tewas diidentifikasi sebagai Sheikhs Ahmad Belfaki dan dua warga Malaysia yang tewas diidentifikasi sebagai Abdurahman Asmawi dan Dr Kamsa Yahya.

Disebutkan pula pada sumber itu, bahwa militan asing di Marawi bekerja sama dengan pemimpin Abu Sayyaf, Isninon Hapilon, untuk membentuk wilayah ISIS di Filipina. Hapilon sendiri tengah diburu oleh militer Filipina.

Abu Sayyaf dan Maute sama-sama telah menyatakan kesetiaannya kepada ISIS. Militan itu dilaporkan telah berhasil menduduki sejumlah gedung dan fasilitas umum di Kota Marawi. Ada sekitar 200-500 militan Maute yang terlibat konflik dengan militer Filipina. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *