Inspirasi dan Data

Wow, 7 Binatang Ini Punya Kekuatan yang Luar biasa

0

Beberapa binatang ini mempunyai keahlian unik yang tidak dibayangkan sebelumnya. Mereka memiliki semacam kekuatan super yang tak dimiliki manusia. Bagi hewan-hewan ini, kekuatan tersebut banyak berguna untuk bertahan hidup.

Berikut ini tujuh binatang unik yang punya kekuatan luar biasa seperti dilansir dari laman ListAmaze.

1. Mimic Octopus, peniru ekstrem

Mimic Octopus merupakan satu-satunya binatang yang diketahui mampu meniru beragam bentuk kehidupan dan benda tak hidup untuk menghindari predator. Mereka bisa berbaur dengan lingkungan untuk mengambil bentuk dan warna batu dan karang.

Binatang unik ini menggunakan kantung pigmen yang dikenal sebagai kromatofor untuk mengambil warna kulit dan tekstur lingkungan sekitarnya.

Beberapa hewan umum yang ditiru gurita ini adalah lion fish, ular laut, ubur-ubur dan ikan pipih. Binatang dengan kekuatan super ini banyak tersedia di Indo-Pasifik barat dan tengah.

2. Pistol Shrimp, senjata setrum dan suara gertakan

Nama ilmiah binatang unik ini adalah Alpheidae. Seperti namanya, udang ini mampu menghasilkan suara gertakan keras.

Nama lain dari hewan ini adalah udang pistol karena kemampuannya untuk menghasilkan suara gertakan yang kuat dengan desibel yang menakjubkan.

Selain itu ia juga mampu mengeluarkan gelembung-gelembung kuat dari cakarnya yang bisa menyetrum ikan besar dan memecahkan gelas kecil.

Hewan unik ini bisa menghasilkan suhu 8.000 derajat Fahrenheit dari jet gelembungnya selama sepersekian detik. Bayangkan saja, 8.000 derajat Fahrenheit itu sepanas permukaan matahari lho.

Kekuatan menarik lainnya adalah ia mampu memutar cakarnya dan mampu menumbuhkan kembali cakarnya yang hilang.

3. Tuatara, mata ketiga

Tuatara mungkin terlihat seperti kadal, tapi binatang ini bukan kadal. Mereka adalah salah satu reptil tertua di bumi saat dinosaurus masih berkeliaran.

Binatang unik ini adalah satu-satunya spesies yang masih hidup dari genus Sphenodontia yang ada di bumi sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Binatang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni mata ketiga. Ada banyak binatang yang memiliki mata ketiga seperti salamander, kadal, katak, hiu dan ikan.

Lalu apa bedanya dengan Tuatara?

Mata yang tak biasa di dahi ini tersembunyi oleh sisik, memiliki lensa, kornea, retina dan bahkan terhubung ke otak melalu saraf optik primitif. Menariknya lagi, Tuatara adalah satu-satunya reptil yang bisa mentolerir cuaca dingin dengan lebih baik.

4. Turritopsis Jellyfish, hidupnya abadi

Ubur-ubur satu ini merupakan binatang abadi di planet bumi. Ubur-ubur kecil ini ditemukan di perairan Jepang dan Laut Mediterania. Mereka adalah satu-satunya binatang yang kembali ke masa anak-anak setelah mencapai kematangan reproduksi.

Ubur-ubur ini pertama kali ditemukan di Laut Mediterania pada tahun 1883. Binatang ini juga sangat kecil, hanya 4 m-5 milimeter. Ilmuwan menemukan binatang kecil menakjubkan ini ternyata mampu hidup abadi.

5. Naked mole rat, tahan sakit & kanker

Di mana-mana yang namanya superhero memang memiliki kemampuan menahan sakit ya. Naked mole rat ini tidak seperti tikus pada umumnya yang kita temukan di jalanan maupun bangunan. Tikus ini berasal dari Afrika Timur dan merupakan satu-satunya spesies di bawah genus Heterocephalus.

Mamalia berdarah dingin ini tinggal di lingkungan bawah tanah yang keras. Dan yang lebih mengejutkan adalah binatang ini benar-benar kebal kanker. Mereka juga menunjukkan pertahanan yang kuat terhadap kekurangan oksigen. Bahkan ilmuwan masih melakukan penelitian terhadap DNA mereka untuk memahami dan mereplikasi DNA-nya di manusia.

6. Bombardier Beetle, menyemprotkan cairan kimia bersuhu 100 derajat celcius

Bombardier Beetle merupakan kumbang unik yang mendiami seluruh dunia kecuali Antartika. Hal unik dari serangga kecil ini adalah mekanisme pertahanannya. Jika terjadi gangguan, serangga tersebut akan menyemprotkan bahan kimia berbahaya dari ujung perutnya dan menimbulkan suara bermunculan.

Cairan kimia di perut serangga ini bereaksi, mendidih dan mengeluarkan suara di mana serupa dengan sistem propulsi V-1 Jerman pada Perang Dunia II. Semprotannya memiliki suhu sekitar 100 derajat celcius yang cukup untuk membunuh atau mengisap yang lebih kecil dan menakut-nakuti yang lebih besar.

7. Axolotl, mampu menumbuhkan bagian tubuh secara ekstrem

Axolotl merupakan amfibi unik yang dikenal sebagai ikan berjalan Meksiko atau sebagai salamander Meksiko. Di salah satu sudut terlihat seperti ikan dan di lain sisi tampak seperti kadal atau salamander.

Fakta menarik tentang binatang ini adalah kemampuan ekstrem mereka untuk kembali menumbuhkan bagian tubuhnya. Ada beberapa binatang yang dapat meregenerasi bagian tubuh mereka, tapi Axolotl adalah yang paling ekstrem dari semuanya.

Selain mampu menumbuhkan otak, tapi bisa juga pada anggota tubuh, mata, jantung dan bahkan mampu menumbuhkan lebih dari satu anggota badan. []

loading...
loading...
Comments
Loading...