tujuan wisata indah
Foto: njbawden/Flickr

Wow! Ada Taman Cantik Tersembunyi Di Balik Runtuhan

Berbagai hasil fenomena karst dan vulkanik, seperti kawah gunung berapi, danau, gua batu kapur, gua berisikan air, dan lubang runtuhan memenuhi daerah di sebelah tenggara Australia Selatan dekat Gunung Gambier.

Terdapat salah satu lubang runtuhan di Jubilee Highway East yang layak untuk dijadikan tujuan wisata indah. Dulunya lubang ini ialah gua batu kapur yang terkenal air laut sehingga korosi, lalu runtuh perlahan-lahan menjadi lubang. Lubang ini kini berubah menjadi taman yang indah.

James Umpherston membangun The Sunken Garden yang berada di lubang runtuhan Umpherston ini pada tahun 1880, tak lama setelah ia membeli lahan ini pada dua puluh tahun sebelumnya. James, setelah pensiun, ingin membuat tempat dimana rakyat Gunung Gambier dapat bersantai di bawah hangatnya sinar matahari musim panas.

Ia pun membuat jalan di sela-sela bebatuan dan melengkapinya dengan alas yang terbuat dari kayu agar orang dapat masuk ke dalam lubang runtuhan ini. Di dalamnya, ia menanam beragam jenis pakis, bunga, dan semak-semak. Lubang runtuhan ini bahkan dilengkapi dengan danau kecil sehingga memungkinkan pengunjung untuk dapat bersantai menaiki perahu.

Taman ini menjadi sangat populer di lingkungan Gunung Gambier. Setelah James wafat pada tahun 1900, taman ini sempat tidak terawat. Sekitar 40 tahun, taman ini menjadi tempat pembuangan sampah. Untungnya, ada beberapa pegawai dari South Australian Woods dan Forest Department yang menyelamatkan taman ini pada tahun 1976.

Semak-semak liar serta sampah dimusnahkan, lalu diganti dengan tanaman hydrangea dan berbagai jenis spesies botani lainnya. The Sunken Garden kini kembali populer dan pada tahun 1995 telah dinobatkan menjadi situs warisan Australia Selatan. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *