Seorang Pria Tua Menggali Gunung untuk Membuat Saluran Air

Wow! Bertahun-tahun Menggali Gunung Demi Membuat Saluran Air untuk Warga Desa

INSPIRADATA. Terdapat sebuah desa kecil di China yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Bukan karena cuaca atau industri yang menyebabkan sulitnya air disana, tapi desa yang bernama Caowangba ini berada ribuan kaki di atas gunung, tepatnya di pegunungan Guizhou. Maka dari itu mereka kesulitan mendapatkan air bersih.

Rupanya, masalah ini tidaklah menjadi hambatan bagi warga di desa tersebut untuk mencari jalan keluar guna mendapatkan air bersih. Hal ini terbukti dari seorang pria paruh baya bernama Huang Dafa. Kepala Desa Caowangba ini berjuang selama 36 tahun ‘menggali gunung’ demi membuat saluran air dari gunung ke desanya.

Usaha tersebut ia lakukan sejak tahun 1959 lalu, ketika itu usia Huang masih 23 tahun. Dafa mulai menggali gunung dan batu untuk membuat saluran air yang terhubung ke desanya. Sayangnya, usaha yang ia lakukan pada 10 tahun pertama gagal. Dafa pun sadar bahwa perlu ilmu yang cukup untuk menopang kerja kerasnya.

Dikutip dari Viral4real, Kamis (1/6/2017), Dafa kemudian pergi meninggalkan desanya untuk menimba ilmu teknik sistem air di kota Fengxiang. Ia kembali ke desa pada tahun 1990 ketika ilmu yang ia dapat sudah mumpuni untuk membuat kanal air sepanjang 7,2 kilometer di tepian gunung batu.

Untuk membuat kanal ini, Dafa harus menggali tiga gunung batu sekaligus, mendaki di tepian pegunungan, dan rappeling ratusan meter di tebing untuk menggali. Tak hanya itu, ia bahkan tidak ada ketika putri dan cucunya meninggal dunia karena Dafa sibuk menggali kanal di pegunungan.

Setelah usaha keras yang Dafa lakukan, akhirnya buah manis pun dapat dipetik. Kanal sepanjang 7,2 kilometer dan cabang saluran sepanjang 2,2 kilometer pun berhasil dibuat oleh Dafa. Desa Caowangba pun tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

Dafa berhasil memenuhi kebutuhan warga desanya. Warga pun merasa tertolong dengan apa yang telah dilakukan Dafa, bahkan masyarakat sudah menganggap Dafa sebagai sosok pahlawan di desa Caowangba. Meski pada awalnya banyak yang ragu dengan apa yang Dafa lakukan.

“Jika dia tidak melakukannya, tidak ada orang lain yang berani melakukannya. Dulu, ada peraturan bahwa mengambil air dari sumur desa hanya seperlunya saja. Kekeringan membuat kami semua kekurangan air bersih. Tapi kini, saluran air buatan Dafa telah menyelamatkan hidup kami semua,” kata Xu Zhou, wakil kepala desa Caowangba.

Kanal yang dubuat oleh Dafa ini selesai pada tahun 1995 dan diberi nama kanal Dafa. Akan tetapi, tidak hanya Dafa yang sudah berjasa bagi desanya, ada empat warga lainnya yang turut membantu pekerjaan Dafa.

“Jika kita bisa melakukan sesuatu (untuk kemajuan), kita harus melakukannya. Kita seharusnya tidak menunggu hal-hal terjadi. Puluhan tahun hidupku bisa berlalu tanpa apapun yang terjadi,” kata Dafa yang kini berusia 82 tahun.

Simak kisah Dafa selengkapnya dalam video berikut ini. []

https://www.facebook.com/PeoplesDaily/videos/1506712982713847/


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *