Buah Nanas Berwarna Pink

Wow! Buah Nanas Ini Memiliki Kulit dan Daging Berwarna Pink

INSPIRADATA. Siapa yang tak kenal buah nanas, buah berbentuk semi oval dan berwarna kuning ini dapat ditemui di negara mana pun. Pada umumnya kita mengenal buah nanas itu berwarna kuning, namun ternyata kini dengan bantuan teknologi, warna buah nanas disulap menjadi warna pink.

Sebuah rekayasa genetik mengubah nanas pada umumnya kuning menjadi merah muda. Bagaimana bisa seperti itu? Mari kita simak ulasan yang dikutip dari Brilio, Selasa (30/5/2017).

Sebuah perusahaan perizinan makanan bernama Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat sudah memberikan izin terkait peredaran buah nanas pink ini. Namun belum banyak yang tahu bagaimana proses budidaya nanas ini di perkebunan.

Foto: Instagram/shes_on_the_run

Ada dua perkebunan yang terletak di Hawaii dan Kosta Rika yang membudidaya nanas pink ini. Dua perkebunan ini bernama Dole dan Del Monte. Buah nanas yang dinamai Rose Gold itu dikembangkan dan dibudidaya hingga siap panen dan dilepas ke pasar. Buah nanas pink ini mulai dikembangkan sejak tahun 2005.

Foto: Instagram/gourmandgourmet

Untuk mendapatkan warna kulit dan daging buah yang merah muda, para ilmuwan melakukannya dengan cara genetis. Proses penanamannya dimulai ketika nanas masih muda, warna awal nanas secara alami memang merah. Zat penghasil warna merah ini disebut lycopene, zat yang juga dihasilkan pada buah tomat.

Secara alami, zat warna merah ini kemudian diubah oleh enzim yang ada pada nanas menjadi warna kuning. Dalam hal ini ini, para ilmuwan di perkebunan berhasil mempertahankan zat lycopene pada nanas muda. Sehingga ketika tumbuh dewasa, nanas tumbuh tanpa berubah warna. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *