Wow, Bus ‘Ngangkang’ Ini Digadang-gadang Sebagai Kendaraan Masa Depan?

Foto: Autofacil

INSPIRADATA. Dengan inovasi dan kecanggihannya China mengeluarkan produk baru dibidang transportasi. Kali ini Traffic Elevated Bus (TEB) yang dikenalkan pada Agustus 2016.

Digadang-gadang sebagai kendaraan anti macet, bus ini memiliki bentuk yang tidak biasa daripada bus-bus sebelumnya. Bus ini memiliki postur yang mengangkang jalan, sehingga kendaraan lain yang ketinggiannya dibawah alas bus bisa lewat.

Dilansir Shanghaiist, Selasa (6/12/2016) kini bus ngangkang ini ditinggalkan teronggok di tengah jalan Kota Hebei, China selama kurang lebih dua bulan.

Transportasi umum masa depan’ itu ditemukan di dalam garasi yang berkarat dan tertutup debu. Tepatnya di tempat pengujian kelayakannya nya, Qinhuangdao.

“Para manajer dari perusahaan telah lama bepergian jauh, dan saya tidak dapat menghubungi mereka,” kata seorang penjaga yang enggan disebutkan namanya.
Situasi ini cukup berbeda saat kendaraan TEB ini melakukan uji coba pertamanya sejauh 300 meter. Sorak sorai meriah warga menyambut ‘bus ngangkang’.

Usut punya usut, rasa kagum warga ini memudar dan berubah menjadi kritikan setelah pemerintah China melabeli bus itu sebagai penipuan besar. Investor pun merasa gugup dan meminta uang mereka segera dikembalikan.

Pada awal September, sempat diumumkan bahwa TEB akan mulai menguji lagi, dan warga setempat diundang untuk ambil bagian. Namun, pengaturan itu tampaknya tidak berlangsung lama dan bus besar itu kembali ke garasi.

Meskipun memiliki desain yang inovatif, kritikus telah menunjukkan beberapa kelemahan bus tersebut, misalnya, hanya kendaraan yang tidak lebih dari 2,1 meter yang bisa lewat dengan bebas di bawah bus. Sedangkan banyak kendaraan yang melintas di jalanan China tingginya mencapa 4,2 meter.

Beberapa masalah lainnya adalah bahwa bus sepanjang 22 meter itu terlalu berat dan rumit untuk jalan di China. Juga, dalam keadaan darurat, penumpang akan dipaksa untuk melarikan diri dari bus, sementara berada posisi penumpang berada dua lantai di atas tanah.

Untuk pengujian penemuan besar itu, perusahaan menyewa jalanan kota di Qinhuangdao. Karena bus yang sekarang teronggok itu, memblokir tiga jalur lalu lintas, dan warga merasa terganggu.

“Belum ada yang melakukan apa-apa dengan hal itu selama lebih dari dua bulan. Ini masih belum dibongkar,” kata Chen Peng, warga setempat. “Beri kami kembali jalan kami sehingga kami dapat melewatinya.”

Sayangnya, penduduk setempat tidak akan mampu menyingkirkan ‘bus mengangkang’ itu dengan mudah. Sewa jalur sepanjang 300 meter itu sudah diperpanjang hingga satu tahun lagi pada bulan September lalu. []


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *