Foto: Vebma.com

Wow! Charge HP Cukup 12 Menit dengan Bahan Baterai Ini

Karena ketiduran di malam hari, biasanya kita kerap kali lupa mencabut kabel charger. Menunggu penuhnya baterai ponsel memang membosankan, Apalagi bila pengisian baterai berlangsung cukup lama hingga lebih dari satu jam.

Namun masalah lupa mencabut charger akan teratasi tak lama lagi. Sebuah perusahaan mengaku telah menemukan teknologi yang mampu mempercepat proses pengisian baterai.

Dilansir dari CNBC, Rabu (29/11/2017), peneliti di Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT) mengklaim sudah menemukan graphene ball—bahan unik baterai. Dengan menggunakan bahan ini, pengisian baterai bisa menjadi 5 kali lebih cepat daripada pengisian baterai lithium ion (li-ion) biasa.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai hingga penuh hanya sekitar 12 menit.

Sekadar informasi, graphene ini merupakan materi paling tipis di dunia. Disebut-sebut material ini 200 kali lebih kuat daripada baja, transparan, dan paling konduktif.

Raksasa teknologi, Samsung, akan menjadikan graphene sebagai bahan baterai next generation untuk kendaraan listrik dan perangkat smartphone. Selain pengisiannya bisa lebih cepat, baterai ini bisa menjaga suhu stabil di angka 60 derajat celcius.

“Pada saat yang sama, kami dapat meningkatkan kemampuan baterai li-ion untuk mobile dan kendaraan listrik berkembang dengan cepat,” ujar pemimpin SAIT, Son In Hyuk. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *