Inspirasi dan Data

Wow! Hanya 6 % CPNS yang Lolos di Kementerian Ini

0 744

Hasil seleksi administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah diumumkan kementerian/lembaga satu persatu. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pun baru-baru ini merilis daftar nama calon abdi negara.

Dari sekian pelamar online yang berjumlah 1600 orang, Kementerian PANRB hanya memilih 108 nama yang dianggap lolos seleksi administrasi. Ini berarti hanya 6 persen pendaftar yang dianggap berhak maju ke tahap selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan computer asisted test (CAT).

Suwardi selaku Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB, menjelaskan jumlah pelamar terus berkurang selama proses seleksi. Ini terjadi karena banyak yang tidak mengirimkan berkas lamaran yang ditentukan cap pos terakhir tanggal 26 September silam.

Suwardi menambahkan, banyak pula berkas pelamar yang tidak sesuai atau tidak lengkap sehingga hanya 108 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Suwardi memperingatkan kepada peserta yang lolos untuk terus memantau pengumuman terkait jadwal dan lokasi ujian CAT. Detail hal tersebut dapat ditemukan di portal https://www.menpan.go.id atau https://sscn.bkn.go.id.

“Lokasi ujian akan dilaksanakan pada fasilitas CAT yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) baik di kantor regional, Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta lokasi lainnya yang tersebar di ibukota masing0-masing provinsi,” ujarnya, dikutip dari Menpan.go.id, Rabu, (11/10/2017).

Ia juga mengingatkan peserta yang lolos agar tidak melakukan hal yang aneh-aneh saat sedang melaksanakan ujian seperti membawa jimat atau menggunakan joki dengan berbagai cara.

“ Mumpung masih ada waktu, silakan mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal yang akan diujikan, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan kebangsaan (TWK),” kata Suwardi. []

loading...
loading...
Comments
Loading...