Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Wow! Ini Dia Air Terjun Niagaranya Indonesia

INSPIRADATA. Lumajang, daerah yang terletak di Jawa Timur ini banyak menyimpan wisata alam yang sangat indah namun jarang diketahui orang banyak. Salah satunya adalah destinasi wisata berupa air terjun yang bernama Tumpak Sewu. Demikian disitat dari Brilio (18/5/2017).

tumpak Sewu adalah bahasa Jawa yang memiliki arti seribu aliran mata air. Air terjun yang berketinggian 180 meter tersebut sangat indah dan memesona. Hal senada disampaikan oleh pendiri komunitas Folk Indonesia, Widya.

“Lumajang Jawa Timur jadi daerah yang paling bikin penasaran. Apalagi ada air terjun Tumpak Sewu, itu disebut-sebut sebagai Niagaranya Indonesia,” katanya saat ditemui di acara AirAsiaGo #TelusueNusantara 2017 Mengeksplorasi Pesona Tersembunyi Jawa Timur di Jakarta, Rabu (17/5).

Widya mengungkapkan, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini disarankan untuk mempersiapkan diri dari segi fisik. Karena untuk bisa melihat pemandangan air terjun Tumpak Sewu ini harus naik ke atas bukit dengan trek yang terjal.

“Kalau bisa pakai sepatu booth atau sepatu gunung. Kalau perlu bawa sepatu ganti,” jelasnya.

Untuk bisa sampai ke atas dengan trek yang terjal, tentu saja harus memakai pakaian yang aman dan nyaman. Baju yang dapat menyerap keringat pun disarankan, dan yang terakhir jangan lupa membawa baju ganti.

“Jangan lupa siapkan baju ganti karena kita kan pasti main air,” ujarnya.

Ia menambahkan, di wilayah sekitar destinasi memang tidak ada penginapan seperti hotel. Tetapi kalau wisatawan ingin pergi ke air terjun Tumpak Sewu bisa bermalam di rumah warga. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *