Unik, Informatif , Inspiratif

Wow, Inilah 10 Mata Kuliah Terunik dari Berbagai Universitas di Dunia!

0

INSPIRADATA. Semakin berkembangnya teknologi dan peradaban, semakin maju dan majemuk pula ilmu pengetahuan. Permasalahan yang terjadi juga dapat diselesaikan dengan berbagai macam pendekatan.

Hal itu juga terjadi pada dunia perkuliahan. Bagaimana tidak, jika Anda biasa mengenal mata kuliah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Filsafat, ilmu pendidikan dan lain sebagainya. Namun, mata kuliah-mata kuliah ini berbeda dari umumnya, mereka terinspirasi dari berbagai teknologi dan peradaban dunia.

Lantas, mata kuliah – mata kuliah terunik apa yang ada di dunia ini? Berikut 10 mata kuliah unik yang ada di dunia:

  1. The Vampire in Literatur and Cinema
    Selama sepuluh tahun belakangan ini, novel dan film dengan tema vampir sedang menjadi hits. Sebut saja novel Twilight yang kemudian diangkat menjadi film. Serial di televisi juga mengangkat tayangan dengan tema serupa. Seperti misalnya The Vampire Diaries, True Blood, dan Buffy The Vampire Slayer.
Related Posts
1

5 Casing Ponsel Paling Keren dan Unik

Mata Kuliah The Vampire in Literatur and Cinema ini dapat dipelajari di University of Wisconsin – Madison. Tenang saja, mata kuliah ini tidak berisi materi-materi aneh seperti darah dan mayat. Profesor Tomislav Longinovic, mengungkapkan bahwa ide mata kuliah ini dipelajari untuk menepis persepsi negatif mengenai budaya Eropa Timur dengan mempelajari cerita rakyat, literatur, film, dan tidak lupa gambaran vampir yang menyertainya.

  1. Ethical Hacking
    Hacking sering diidentikan dengan ‘anonymous’. Hacker (sebutan seseorang yang melakukan hacking) melakukan peretasan dengan tujuan dan maksud tertentu. Bermula dari fenomena tersebut itulah maka ide untuk melakukan hacking dengan baik dan benar mulai dicetuskan.

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi seorang ‘good hackers’. Misi yang mereka emban sangat unik dan rahasia. Misi mereka adalah menemukan terlebih dahulu sisi-sisi kelemahan sebuah sistem keamanan sebelum para ‘bad hackers’ menyerangnya. Ethical hacking membahas bagaimana sebuah sistem keamanan dapat diretas dan bagaimana serangan peretas dapat dihentikan. Ethical Hacking dapat dipelajari di Abertay University.

  1. Feel The Force: How to Train in the Jedi Way
    Penggemar Star Wars pasti ingin belajar mata kuliah yang satu ini. Dalam kelas ini, mahasiswa akan diajak untuk berpikir seperti ‘Jedi’ dalam Star Wars. Mahasiswa akan mempelajari teknik dan trik-trik berpikir secara psikologis seperti Jedi. Mata kuliah ini juga memantik pemahaman mahasiswa tentang keseimbangan, tujuan, dualisme, dan fatherhood.

  2. The Joy of Garbage
    Sampah identik dengan bau, kotor, dan menjijikkan. Namun, di Santa Clara University, topik sampah yang dianggap menjijikkan ini mampu diubah menjadi topik yang menarik untuk dibahas dan diteliti. Profesor Virginia Maztec meminta mahasiswanya untuk menginvestigasi sampah layaknya harta karun. Profesor Virginia mengungkapkan bahwa mata kuliah ini bukanlah lelucon.

Profesor Virginia mengajarkan bagaimana ilmu pengetahuan dapat mengelola sampah yang seringkali menimbulkan permasalahan. Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa menjadi lebih peka terhadap lingkungan. Mata kuliah ‘The Joy of Garbage’ adalah salah satu mata kuliah yang populer dan ditunggu-tunggu.

5.The Art of Walking
Berkembangnya zaman membuat ilmu pengetahuan berkembang pula. Berjalan kaki adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Jika berjalan kaki dipelajari dan diteliti dari sudut pandang kesehatan, kini berjalan kaki dapat dilihat dari sudut pandang yang lain. Mata kuliah The Art of Walking ini ingin menyampaikan ‘pesan dan makna’ lain bagi yang mempelajarinya.

6.Politicizing Beyonce
Kehadiran Beyonce sebagai bintang ternyata memberikan pengaruh tersendiri. Karakternya digambarkan sebagai seseorang yang feminis, selalu terdepan, dan seperti ratu. Hal ini dilandaskan oleh lirik – lirik lagu dan karakter video klipnya sembari mendalami sejarah feminisme di Amerika Serikat. Mata kuliah ini ingin menjawab pertanyaan, “Apakah musik dan lagu Beyonce dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan referensi perubahan sosial?”.

  1. Gothic Studies
    Mungkin terdengar menyeramkan. Namun, mata kuliah Gothic Studies ini memang benar – benar adanya. Gothic Studies dijadikan sebgai mata kuliah di St Mary University, Twickenham, London. Hal – hal yang dipelajari pada gothic studies antara lain budaya dan sub budaya mencakup semuanya tentang ke-gothic-an tersebut . Hal – hal gothic yang diulas berasal dari film, novel, dan arsitektur. Namun, jika Anda merasa takut, jangan sekali-sekali coba mata kuliah yang satu ini ya?

8.The Physics of Star Trek
Masih ingat dengan Star Trek? Film serial yang tayang sejak tahun 1960-an ini menceritakan tentang seorang Starfleet yang merupakan representasi kehidupan manusia pada 200 tahun yang akan datang. Star Trek juga mengisahkan tentang United Federation of Planets yakni kumpulan spesies yang hidup di planet lain. Setting dalam Star Trek digunakan sebagai bahan diskusi mengenai hukum Newton dan Einstein.

  1. Wasting Time on The Internet
    Pernah merasa buang-buang waktu karena terlalu lama berselancar di dunia maya? Di University of Pennsylvania, Philadelphia, kegiatan yang dianggap buang-buang waktu diinternet ini justru dijadikan sebagai mata kuliah. Sesuai dengan namanya, mahasiswa tak perlu membawa buku dan alat tulis. Cukup membawa laptop atau notebook saja.

Mahasiswa belajar menulis kreatif dengan memanfaatkan internet. Untuk berinteraksi dengan yang lainnya, mereka menggunakan chat rooms dan sosial media. Seperti tertuang dalam artikel “New Yorker” yang ditulis oleh Prof Kenneth Goldsmith, mahasiswa bukan hanya sekedar ‘buang-buang’ waktu di internet saja.

Prof Kenneth mengungkapkan bahwa kegiatan menulis dan membaca memiliki nilai plus dan kelebihan dibandingkan dengan yang lain. Mahasiswa belajar menulis dengan gaya yang berbeda. Misalnya skimming, parsing, grazing, bookmarking, forwarding, retweeting, reblogging, dan spamming language.

  1. Pokemon
    Baru-baru ini, permainan Pokemon Go memang sedang digandrungi. Kepopuleran Pokemon Go inilah yang membuat karakter Pokemon menjadi dikenang kembali. Mata kuliah Pokemon ini mendalami tentang Pokemon media, membahas dan mendiskusikan dampak sosial dari ‘Pokeverse’. Mata kuliah ini secara spesifik mempelajari tentang fan culture dan meta gaming. Mata kuliah ini dapat di pelajari di University of California, Berkeley.

Ehmm..sungguh unik nama mata kuliah yang sudah dijelaskan di atas ya? Apakah kamu ingin mencoba masuk dalam mata kuliah tersebut? []

Sumber : www.tentik.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.