Wow, Pasangan Kenya Ini Menikah dengan adat Jawa

pengantin-kenya-adat-jawaINSPIRADATA. Pernikahan tradisional adat Jawa kerap dihindari lantaran prosesinya yang rumit. Sehingga kaum urban lebih memilih menggunakan pernikahan modern yang lebih simpel. Namun siapa sangka jika pernikahan adat Jawa justru digunakan untuk proses pernikahan pasangan asal Kenya.

Dilansir dari wowkeren, Joshua Mugo, warga asli Kenya yang tak pernah datang ke Indonesia ini justru merasa bangga saat menggunakan pakaian pengantin adat Jawa pada pesta pernikahannya, Minggu (6/11/2016) lalu.

Pesta pernikahan yang digelar di sebuah komplek sekolah di Nairobi ini bahkan dibuka dengan alunan gending Jawa “Lancaran Kebo Giro”. Kemudian kedua mempelai datang memakai baju pengantin hitam dengan motif keemasan serta kain batik.

Uniknya lagi, pernikahan ini juga menggabungkan adat Jawa dan kebudayaan Kenya. Jika acara dibuka dengan alunan gending, maka acara ditutup dengan tarian khas asli Kenya. 400 tamu undangan pun dihibur dengan musik indah hasil kolaborasi angklung dan lagu asli Kenya.

Musik dimainkan oleh grup angklung ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Nairobi. “Iringan gending ini seperti acara pernikahan di Indonesia,” kata Laili Fauziah, pengurus DWP KBRI Nairobi. Joshua Mugo juga sempat memainkan angklung yang ia pelajari di universitas Kenya.

“Ini pertama kalinya masyarakat Kenya melihat pernikahan dengan adat Indonesia, juga angklung,” kata Joshua. Pria yang jatuh cinta dengan budaya Indonesia itu bahkan memberikan 150 angklung Bandung sebagai souvenir pernikahannya. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *