Unik, Informatif , Inspiratif

Wow, Pelukan ke Anak, Mulai dari Kurangi Depresi sampai Bisa Bikin Anak Pintar!

0 34

Anda sudah membuktikan keampuhan pelukan pada saat bayi menangis. Begitu Anda memeluknya, maka bayi tersebut akan reda tangisnya.

Bukan hanya meredakan tangis seorang bayi, pelukan juga menyehatkan secara psikologi. Pelukan bisa juga berdampak dahsyat pada aspek kognitif atau kepintaran anak-anak. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan tim dari Nationwide Children’s Hospital di Ohio, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut melibat 125 bayi, baik yang lahir secara prematur maupun yang lahir di usia matang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui respons bayi pada kontak fisik.
Hasilnya menunjukkan bahwa bayi prematur merespons kasih sayang lebih rendah daripada bayi yang lahir di usia matang. Hipotesanya, bayi yang mendapatkan sentuhan fisik akan memiliki respon otak yang lebih baik dibanding yang kurang sentuhan.

BACA JUGA: 4 Hal Mengapa Penting Pelukan Setiap Malam bagi Suami-Istri

Menurut dr Nathalie Maitre, salah satu peneliti, dikutip dari Newsner pada Sabtu, 10 November 2018, sentuhan fisik atau mengayunkan bayi di lengan akan membuat perbedaan besar dalam menentukan bagaimana otak mereka berkembang. Pastikan bayi prematur juga menerima sentuhan positif dan suportif seperti perawatan skin to skin oleh orangtua. Ini sangat sangat penting bagi perkembangannya.

Pada dasarnya, kasih sayang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Jadi, peluk bayi dan anak-anak kesayangan sebanyak

Selain meningkatkan respon otak pelukan dapat bermanfaat seperti ini:

• Mengurangi depresi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pelukan juga bisa memberi energi baru pada tubuh lelah menjadi segar dan merasa muda. Pelukan yang dilakukan di rumah secara rutin akan memperkokoh tali kasih.

• Jumlah hemoglobin atau sel darah merah dalam darah akan meningkat ketika seseorang disentuh. Hemoglobin adalah darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke jantung dan otak. Peningkatkan jumlah hemoglobin bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit.

• Peluklah anak sebelum berangkat kerja, ini akan membuat orangtua fokus pada pekerjaan, bahagia, dan menjadi produktif.

Agar pelukan Anda berdaya penyembuh, sebelum memeluk anak:

• Singkirkan hal-hal yang mengggangu pikiran seperti urusan pekerjaan yang belum selesai, urusan rumah yang menumpuk, gagal menjaga pola makan dan rencana-rencana yang tertunda. Memberi pelukan dengan kepala dipenuhi oleh pikiran akan mengurangi energi dan kehangatan yang Anda berikan kepada si kecil. Sebab, saat memeluk si kecil, pikiran Anda tidak berada pada si kecil dan anak akan merasakan pelukan Anda yang ‘kering.’

BACA JUGA: USG, Pengaruhi Perkembangan Anak dalam Kandungan?

• Bebaskan tangan dari semua benda yang selama ini paling sering ada di tangan seperti handphone. Dengan begitu tangan Anda tercurah untuk memeluknya dan jari-jari Anda bisa membelai si kecil dengan leluasa.

Manfaat pelukan untuk anak:

• Merangsang perkembangan sel otak
• Mengurangi stress.
• Merangsang rasa kantuk.
• Membangun konsep diri yang positif.
• Mengurangi emosi negatif seperti kesepian, cemas dan frustasi.
• Mengatasi rasa takut.
• Transfer energi. []

SUMBER: LIPUTAN6 | AYAH BUNDA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline