Pohon Pisang dengan Buah Mencapai Ribuan

Wow! Pohon Pisang Ini Berbuah Hingga Ribuan

INSPIRADATA. Warga dikejutkan oleh keunikan yang terlihat pada pohon pisang milik seorang warga Desa Selo Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Ibnu Hisyam (65). Pasalnya, pohon ini berbeda dengan pohon pisang pada umumnya.

Pohon pisang Ibnu Hisyam ini memiliki perkembangan normal, namun buah yang dihasilkan mencapi ribuan pisang pada setiap panennya.

Tandan pisang terus tumbuh menjuntai ke bawah hingga ujung bunga (Jantung) menyentuh permukaan tanah. Panjangnya tandan pisang hampir dua meter atau 190 meter.

Keunikan pohon ini membuat warga penasaran dan berduyun-duyun untuk melihat bagaimana pohon pisang ini berbuah mencapai ribuan jumlahnya.

Secara kebetulan, lokasi dimana pohon ini tumbuh tak jauh dari tanah makam Ki Ageng Selo atau Syekh Abdurrahman. Dia adalah tokoh penyebar agama Islam di Jawa yang konon masih keturunan Raja Majapahit. Menurut mitologi yang beredar di warga sekitar, Ki Ageng Selo ini mampu menaklukan petir.

Para warga yang hendak berziarah ke makam Ki Ageng Selo pun akirnya menyempatkan berkunjung ke rumah Ibnu Hisyam. Banyak dari mereka yang tidak hanya sekedar menonton, tapi memegang bahkan ada yang berfoto dengan pisang itu.

“Saya penasaran dan ingin memastikan. Ternyata benar. Memang sangat unik. Baru kali ini saya melihat pohon pisang seperti ini,” kata Sukamto, warga Perumahan Ayodya Purwodadi, seperti dilansir Kompas.com, Sabtu (3/6/2017).

Hisyam menjelaskan, pohon pisangnya itu ditanam secara vegetatif. Tunas muda yang ia dapatkan pun diperoleh dari tetangga di kampung halamannya.

“Saya minta tunas dari teman, karena ingin tandur pisang. Ehh tak tahunya malah seperti ini,” tutur kakek tiga belas cucu ini.

Pohon pisang milik Hisyam ini pun merupakan varietas pisang hijau biasa. Namun dirinya tak menyangka akan muncul keunikan seperti itu.

Awalnya pohon ini tumbuh sempurna. Namun lama kelamaan tandan pisang semakin memanjang sejurus dan kemudian buahnya bermunculan sangat lebat.

“Awalnya biasa saja tak ada kejanggalan. Tapi dalam kurun empat hari ini, buahnya jadi banyak. Ada ribuan kalau dihitung. Pohon pisang ini tumbuh subur dan bahkan buahnya yang sudah matang saya cicipi. Rasanya sangat manis,” ungkap Hisyam.

Maka dari itu, melihat kondisi pohon pisangnya yang unik, Hisyam pun mempersilahkan kepada para ahli pertanian untuk meneliti pohonnya tersebut. Dia pun berharap pohon pisangnya itu bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Di samping pohon pisang itu sudah tumbuh anak’an. Saya harap ada ilmuwan yang datang untuk mengungkap fenomena ini. Siapa tahu berguna bagi dunia pertanian?,” pungkas Hisyam. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *