Sampah emas
Foto: Time and Date

Wow! Selokan di Swiss Berisi Emas, Bila Dikumpulkan Capai Rp 41 Miliar

Apabila berbicara terkait saluran pembuangan air, bila tidak bersih, kemungkinan besar berisi berbagai macam sampah tak berguna yang bisa membuat saluran air itu tersumbat.

Tetapi beda halnya dengan saluran pembuangan air di Swiss yang malah dipenuhi dengan emas dan perak sisa industri. Bahkan tercatat tahun lalu terdapat tak kurang 3 ton perak dan 43 kilogram emas yang berasal dari berbagai fasilitas pengolahan limbah.

Dilansir Kompas.com, sampah emas dan perak ini, bila dikumpulkan, mencapai sekitar 3 juta franc Swiss alias lebih dari Rp 41 miliar.

Studi yang dilakukan pemerintah menunjukkan bahwa emas dan perak itu berasal dari perusahaan obat, perusahaan jam tangan, dan industri kimia.

Dalam produk dan proses produksinya, industri-industri itu diketahui memakai perak dan emas.

Sampah-sampah emas dan perak itu pun tak berbentuk perhiasan seperti yang kebanyakan orang pakai.

“Ukuran emas dan perak itu amat kecil bahkan hingga level mikrogram atau nanogram. Namun jika dikumpulkan jumlahnya cukup signifikan,” ujar Bas Vriens, penulis penelitian untuk pemerintah.

Para peneliti kini mempelajari apakah cukup memungkinkan untuk mengumpulkan sisa-sisa emas dan perak di saluran-saluran pembuangan itu.

Sejauh ini, disimpulkan biaya untuk mengumpulkan sisa-sisa emas itu tidak cukup ekonomis.

Level sampah emas yang cukup signifikan ditemukan di Jura, wilayah barat Swiss yang diyakini terkait dengan industri jam tangan yang menggunakan logam mulia itu untuk menghias produk mereka.

Di daerah Ticino, wilayah selatan Swiss, yang merupakan tempat pengolahan emas, juga banyak ditemukan konsentrasi sampah emas.

“Di sini menjadi satu-satunya wilayah di mana mengumpulkan kembali sisa emas bisa cukup masuk akal,” ucap Vriens.

Penemuan ini menjadi bukti sumber-sumber kekayaan tak terduga di Swiss.

Bulan lalu, sebuah investigasi digelar pemerintah setelah ditemukan sejumlah toilet tersumbat uang tunai yang jumlahnya mencapai 100.000 dolar AS di sebuah bank di kota Geneva dan tiga restoran. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *