wudhu bisa sehatkan ginjal
Foto: Mirajnews

Wudhu dan Keajaibannya untuk Kulit

Wudhu dan keajaibannya, seolah tak ada berhentinya jika kita cari dan amalkan. Mengingat ibadah dan aktivitas satu ini memang menjadi rutinitas seorang Muslim.

Keajaiban wudhu baru dapat dirasionalisasikan dengan adanya teknologi kedokteran, Mohktar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul menjelaskan,

Wudhu dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap kulit.

BACA JUGA: Muslimah Ini Meninggal setelah Ambil wudhu saat Gempa di Palu

Apabila dibersihkan dengan air–utamanya saat wudhu, maka bahan kimia tersebut akan larut bersama air.

Selain itu, wudhu juga dapat membuat seseorang tampak lebih muda. Hal tersebut hampir senada dengan pendapat para ulama fiqih yang menjelaskan bahwa wudhu merupakan upaya memlihara kebersihan.

BACA JUGA: Bolehkah Wanita Haid Wudhu Sebelum Tidur?

Daerah yang dibasuh dengan air wudhu, merupakan anggota tubuh yang sering terpapar benda-benda asing, pun begitu kotoran-kotaran. Oleh karena itu, peran wudhu menjadi sangat sentral.

Secara historis, Muhammad Husein Haykal dalam bukunya Hayatu Muhammad, Rasulullah SAW sepanjang hidupnya tak pernah menderita sakit kecuali saat sakaratul maut hingga kewafatannya. Wudhu dengan benar sesuai tuntunan, dapat mencegah dari penyakit. Itulah kenapa salah satu alasan Rasulullah SAW sealu menyaranakan ber-Wudhu. []

REFERENSI: RAHASIA WUDHU


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *