Unik, Informatif , Inspiratif

Yuk, Kenali Uniknya Ragam Teh dari Penjuru Dunia (1)

0

Teh merupakan minuman yang populer di kalangan masyarakat. Teh merupakan minuman yang umumnya terbuat dari daun teh maupun tumbuhan herbal lain yang diseduh dengan air panas.

Tak hanya di Indonesia, teh juga terkenal di dunia. Di berbagai negara di dunia, teh bukan lagi sekedar sebagai minuman namun juga bisa menjadi tradisi.

Related Posts
2

Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia

BACA JUGA: Tea Mixologi, Meracik Teh Gaya Baru

Ada beragam teh di seluruh dunia. Mau tau, apa saja aneka teh dan keunikan penyajiannya di penjuru dunia? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1 Ocha

Ocha
Ocha. Foto: ocha.bg

Ocha atau green tea dikenal sebagai salah satu jenis teh yang mengandung antioksidan tinggi. Dari sekian banyak daerah penghasil teh hijau, Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal sebagai penghasil dan budaya minum teh hijau.

Secara umum, teh hijau bisa saja diminum sebagaimana teh jenis lainnya dengan menyeduhnya langsung selama sekitar 3 menit sebelum diminum.

Jepang sendiri memiliki cara minum teh hijau atau ocha ini sebagai sebuah seni dan tradisi. Tradisi ini tidak hanya sekedar minum teh, namun juga terkait budaya dan etika. Teh hijau yang disajikan pada acara ini pun menggunakan daun teh yang digiling halus, dan diseduh oleh orang yang ahli dibidang ini.

2 Mate tea

Mate tea
Mate Tea. Foto: Teapigs

Teh yang berasal dari daun Ilex paraguariensis atau yerba mate ini dikenal memiliki rasa yang kuat dan unik. Teh asal amerika selatan ini disajikan secara unik, seduhan teh ini akan dituangkan ke dalam cangkang labu kering dan diminum dengan sedotan logam.

Di beberapa daerah, tradisi minum mate tea ini dilakukan bersama-sama keluarga. Mereka akan menghabiskan seluruh seduhan dengan 1 cangkang labu untuk minum secara bergantian. Tradisi ini bertujuan mempererat persaudaraan serta menanamkan kebiasaan berbagi.

Rasa teh ini lebih cenderung pahit dengan tambahan aroma asap yang akan muncul jika cangkang labu telah diisi berkali-kali.

3 Teh Guan Yin

Teh Guan Yin
Guan YinTea. Foto: 123RF

Teh asal negara tiongkok ini dikenal dengan harganya yang sangat tinggi. Teh Guan Yin merupakan hasil pembibitan silang antara teh hitam dengan teh hijau. Keistimewaan teh Guan Yin ini terdapat pada kualitas dan rasanya yang tidak berubah meskipun diseduh berkali-kali. Jika teh umumnya hanya bisa diseduh 3-4 kali, teh Guan Yin dapat diseduh hingga 7 kali tanpa menurunkan rasa dan kualitasnya. Satu kilogram teh Guan Yin ini dapat menembus harga hingga 40 juta rupiah.

4 Vintage Narcissus

Vintage Narcissus
Vintage Narcissus. Foto: talepost

Produk teh yang berasal dari pegunungan Wuyi, Tiongkok ini memiliki citarasa sempurna sebab selama masa panen daun teh akan teroksidasi hingga 60%. Tradisi yang dilakukan oleh para petani teh di pegunungan Wuyi adalah dengan membakar pohon teh setiap 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan agar menjaga kualitas teh selalu baik di setiap masa panen, serta mengurangi kelembaban pada daun teh. Salah satu teh hasil pegunungan Wuji yang fenomenal diberi nama Vintage Narcissus, yang merupakan teh produksi seabad lalu pada tahun 2013 lalu terjual seharga hampir 90 juta rupiah per kilogramnya.

5 Teh Tisanes

Teh Tisanes
Tisanes. foto: weheartit.

Tisanes merupakan teh herbal yang diseduh dengan cara sedikit berbeda dari proses penyeduhan teh pada umumnya. Tisanes ini merupakan racikan dari bunga, daun, akar, biji, maupun buah kering. Berbagai jenis tisanes ini dapat diracik sesuai dengan selera karena banyak pilihan herbal dengan manfaat dan rasa yang beraneka ragam.

Dalam penyeduhan teh herbal, bahan-bahan yang umumnya telah dikeringkan ini kemudian diseduh menggunakan air mendidih. Teh herbal ini bebas kafein sebab tidak memasukan unsur daun teh dalam racikannya. Beberapa jenis tisanes yang terkenal adalah teh crystan dan teh chamomile. []

SUMBER: GOTRAVELLY

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline