Unik, Informatif , Inspiratif

Yuk Simak 5 Obat Alami Mengatasi Masuk Angin

0

 

Belakangan ini cuaca tak menentu. Dengan kondisi seperti ini tak jarang orang terserang penyakit-penyakit karena cuaca yang tak mendukung. Salah satunya adalah gejala masuk angin. Mungkin, masuk angin diakibatkan karena dinginnya suhu badan karena terkena hujan.

Masuk angin merupakan kondisi ketika seseorang merasa pegal-pegal, kembung atau sakit perut, mual, batuk, flu, dan demam. Orang Indonesia umumnya merasa masuk angin bila salah satu gejala tersebut muncul.

Berikut beberapa obat alami yang dapat Anda manfaatkan saat terkena gejala masuk angin:

1. Kerokan bawang merah

Kerokan menggunakan bawang merah biasanya sering dilakukan dengan mengiris bawang merah menjadi beberapa bagian besar. Bawang tersebut dicampurkan dengan minyak esensial atau baby oil kemudian digosokkan pada tubuh.

Tak hanya itu, bawang merah juga lebih aman digunakan ketimbang menggunakan uang koin dan minyak. Karenanya, bawang merah lebih direkomendasikan sebagai bahan kerokan bagi bayi, anak-anak, maupun orang dewasa yang kondisi kulitnya tipis.

2. Jahe

Jahe termasuk bahan yang sering ditemukan di beberapa obat masuk angin. Umumnya jahe digunakan untuk mengobati masalah pada perut, seperti mual, perut kembung, dan batuk.

Tidak hanya itu, jahe mengandung banyak senyawa antiperadang dan antioksidan, seperti gingerol, batakaroten, capsaicin, asam caffeic, kurkumin, dan salisat.

Kehangatan yang diberikan oleh jahe inilah yang mampu mengurangi rasa kembung atau angin dalam saluran pencernaan.

3. Minum minuman hangat

Minuman hangat terbukti dapat meredakan berbagai gejala flu dan dispepsia, seperti batuk dan perut kembung. Minuman hangat akan menaikkan sirkulasi darah dan pengatur asam lambung. Selain itu, air hangat juga meningkatkan metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah, serta menenangkan syaraf dan otot sehingga dapat mengurangi gejala nyeri pada otot dan sendi.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Setelah kerokan dengan bawang merah, tentu tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan diri dari masuk angin. Untuk mendukung sistem imun supaya lebih kuat, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
Jangan sampai gejala masuk angin membuat Anda malas untuk makan. Anda bisa mencoba makan sup dari daging ayam, rempah-rempah, dan potongan sayuran untuk meningkatkan nafsu makan.

5. Istirahat cukup

Jika semua langkah itu sudah Anda lakukan, maka istirahat cukup bisa menjadi pelengkap dari usaha Anda untuk mengatasi masuk angin.
Letakkan ponsel Anda, matikan televisi dan lampu Anda agar istirahat Anda lebih berkualitas.
Simpan tenaga Anda dan berikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk memerangi infeksi virus di dalamnya.

Dengan beristirahat, tubuh akan terbantu untuk memulihkan kondisinya.

Nah, itu tadi penjelasan tentang 5 (lima) obat alami yang dapat membantu menyembuhkan gejala masuk angin. Semoga bermanfaat. []

SUMBER: KOMPAS.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.