Unik, Informatif , Inspiratif

Zat di Botol Kemasan Air Minum Pun Bisa Picu Obesitas

0

Penyebab obesitas tak hanya dari makanan dan gaya hidup, ada pula zat kimia yang dapat menjadi pemicu berat badan naik. Yang aneh, zat kimia tersebut pun terdapat di botol kemasan air minum.

BACA JUGA: Sering Lewatkan Sarapan Berisiko Obesitas?

Dalam Kongres Obesitas Eropa di Wina, para ahli menyebutkan bahwa bahan-bahan kimia yang dikenal dengan sebutan obesogens yang dapat mengganggu sistem endokrin, yang menjadi pemicu obesitas. Bahan kimia obesogens ini dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari debu rumah tangga hingga botol kemasan air minum.

“Kami di komunitas ilmiah menemukan bahwa paparan bahan kimia dalam makanan dan lingkungan kita dapat menjadi faktor risiko yang mungkin kurang disadari,” ujar peneliti endokrinologi Dr. Bruce Blumberg.

Bruce pun menambahkan bahwa jika Anda menjalani tren diet kekinian seperti diet paleo, rendah karbohidrat, gluten free, Anda masih dapat mengalami kenaikan berat badan karena paparan bahan kimia yang ada di lingkungan.

Salah satu bahan kimia yang disebut-sebut sebagai obesogens adalah botol air kemasan. Meskipun FDA mengatakan bisphenol A (BPA) pada plastik aman jika dikonsumsi, penelitian di Kanada pada 2015 silam menunjukkan bahwa bahan kimia ini dapat menyebabkan sel normal berubah menjadi sel lemak yang membuat Anda obesitas.

BACA JUGA: Studi Baru: Gaji Kecil Lebih Berisiko Kematian dari Obesitas

BPA biasanya ditemukan dalam botol air plastik sekali pakai. Efek ini semakin terasa jika Anda memanaskannya dalam microwave.

Untuk mencegahnya, Bruce menghimbau, agar Anda selalu membawa botol air minum sendiri dan mengisi ulangnya, dibandingkan harus membeli air minum dalam kemasan. []

SUMBER: SUARA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline